Rokok Jadi Trending Topik Twitter, Berikut Segudang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

- Jumat, 22 Juli 2022 | 11:25 WIB
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya untuk perokok aktif, asap rokok pun sangat berbahaya untuk yang menghirupnya atau perokok pasif. 

Merokok dapat berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit seperti jantung koroner, kanker paru, penyakit paru obstruktif, hingga stroke. 

Menurut data BPS Tahun 2021 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat perokok pada  umur > 15 tahun cukup tinggi dengan rata-rata 28,16  batang rokok per hari. Didominasi masyarakat kelas bawah bahkan tidak sedikit anak di bawah umur sudah menjadi perokok aktif. 

Kandungan rokok terdiri dari ribuan zat berbahaya yang dapat membahayakan tubuh. Efek atau bahaya merokok mungkin tidak langsung muncul.  Akan tetapi,  seiring berjalannya waktu berbagai zat di dalam rokok bisa berbahaya untuk kesehatan. 

Berikut ulasan lebih lanjut mengenai bahaya merokok bagi kesehatan.

Risiko Kanker 

Kanker paru-paru utamanya terjadi akibat merokok. Bahkan, hampir 80% kematian akibat kanker paru terjadi karena pasien memiliki kebiasaan tak sehat ini.

Saat Anda menghirup asap rokok, Anda juga menghirup zat-zat yang terkandung di dalam rokok. Begitu asap rokok terhirup ke dalam tubuh, perubahan pada jaringan paru akan terjadi dalam waktu singkat.

Bukan hanya kanker paru, merokok juga bisa menyebabkan kanker di bagian tubuh lainnya seperti: mulut, laring (kotak suara), faring (tenggorokan), kerongkongan, ginjal, serviks, hati, kandung kemih, pankreas, perut, dan kolon (usus 12 jari).

Halaman:

Editor: Barly Wow

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB
X