Upaya Perwujudan Masyarakat Ideal Pada Masyarakat Bangka Belitung Ditinjau dari Aspek Sosial Budaya

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:40 WIB
Keharmonisan Masyarakat Etnis Tionghoa & Islam pada perayaan imlek di Bangka Belitung   (sumber: dokumentasi Arsan Mailanto/Okezone)
Keharmonisan Masyarakat Etnis Tionghoa & Islam pada perayaan imlek di Bangka Belitung (sumber: dokumentasi Arsan Mailanto/Okezone)

Felia Agni Lestari - Mahasiswi UPN Veteran Jakarta

OPINI, wowbabel.com - Masyarakat merupakan sekelompok individu yang hidup bersama. Tanpa masyarakat, seorang individu manusia tidak mungkin bisa menjalankan kehidupannya dengan normal. Setiap orang merupakan bagian dari suatu masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat, setiap orang juga menginginkan masyarakatnya menjadi ideal. Meskipun pada kenyataannya di dunia ini tidak ada yang dianggap sempurna atau ideal begitupun pada masyarakat. Setiap masyarakat memiliki ambiguitas dan keterbatasan tertentu.

Hanya saja ketika mereka berhasil mengatasi celah dan keterbatasan, masyarakat bisa dianggap menjadi masyarakat ideal. Dari hal tersebut terlintas pertanyaan yang muncul dibenak yaitu lantas apakah arti dari masyarakat ideal itu? Apa arti masyarakat ideal itu menurut masyarakat Bangka Belitung? Bagaimanakah masyarakat Bangka Belitung membangun hidup bermasyarakat yang ideal? Bagaimanakah kehidupan sosial dan budaya masyarakat Bangka Belitung yang mencerminkan sebagai masyarakat yang ideal? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang ingin diuraikan oleh penulis dalam tulisan ini.

Konsep atau pengertian masyarakat ideal secara umum

Pada dasarnya masyarakat ideal berasal dari dua kata yakni kata “masyarakat” dan “ideal”. Kata “masyarakat” sendiri menurut Gilin dan Gilin dalam (Basrowi, 2005) diartikan sebagai kelompok manusia yang terbesar yang mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama. Sedangkan kata “ideal” dalam KBBI berarti sangat sesuai dengan yang dicita-citakan atau diangan-angankan atau dikehendaki.

Menurut Emile Durkheim beliau mendefinisikan masyarakat ideal yaitu adanya solidaritas sosial yang menjadikan setiap individu dengan individu dan atau kelompok lainnya saling berhubungan atas dasar kepercayaan maupun perasaan moral yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Secara terminologi masyarakat ideal diartikan sebagai segenap tingkah laku manusia yang dianggap sesuai.

Sesuai dalam artian bahwa masyarakat tersebut tidak melanggar norma atau aturan umum, adat istiadat/tradisi serta menyatu langsung dengan tingkah laku umum. Dan juga bisa mengatur dirinya dengan batasan tertentu serta berpikir melihat dirinya sebagai suatu unit sosial. Masyarakat ideal terjadi apabila adanya kesadaran atas hak dan kewajiban pada interaksi seluruh anggota masyarakat yang berperan sebagai peserta komunikasi (Lanur, 1993).

Sebenarnya, definisi “masyarakat Ideal” sampai saat ini belum sepenuhnya mencapai titik final dan masih belum pasti. Sudah banyak definisi yang beredar dan berkembang, baik itu dari opini yang muncul ataupun berdasarkan pemahaman terminologi bahasanya, sejarahnya, maupun dari segi urgenitasnya. Jadi, apabila definisinya belum debatable dan dipatenkan, maka konsep dan upaya penerapannya pun masih mentah.

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Terkini

Harga Timah Sempat Dekati 30.000 Dolar AS

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:23 WIB
X