Investasi dan Teknologi Hilirisasi Timah Tak Mengkhawatirkan Ridwan Djamaluddin

- Jumat, 25 November 2022 | 15:19 WIB
Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin membuka seminar nasional Kesiapan Investasi, SDM, dan Teknologi Menyongsong Hilirisasi Timah Indonesia digelar Forum Insinyur Muda Bangka Belitung, Jumat 25 November 2022. (ist)
Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin membuka seminar nasional Kesiapan Investasi, SDM, dan Teknologi Menyongsong Hilirisasi Timah Indonesia digelar Forum Insinyur Muda Bangka Belitung, Jumat 25 November 2022. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Pj Gubernur Provinsi Bangka Bekitung Ridwan Djamaluddin tidak kagi mengkawatirkan investasi dan teknologi menuju hilirisasi industri timah di Indonesia. 

Nilai investasi untuk industri timah tidak terlalu bombastik. Dan teknologi industri hilirnya pun sudah dikuasai. Inikah yang tidak lagi mencemaskan Ridwan Djamaluddin

Sebelumnya Ridwan Djamakuddin yang juga menjabat Dirjen Mineral dan Batu Bara sempat mempertanyakan masah investasi dan teknoligi industri hilir timah. Dia juga meragukan kesiapan sumber daya manusia lokal menuju era industrialisasi.

Baca Juga: PIP Beroperasi di Perairan Kampung Iklim, Ridwan Djamaluddin: Pariwisata dan Pertambangan Bisa Berdampingan

Namun setelah beberapa bulan mengikuti pengkajian, berbagai forum ilmiah dan dialog tentang hilirisasi timah, Ridwan mendapat banyak masukan yang membuatnya tak khawatir tentang kesiapan ketiga aspek dalam membangun hilirisasi timah Indonesia.

"Kesiapan investasi dan teknologi sudah tidak terlalu mengkhawatirkan, pemerintah untuk hilirisasi timah akan membentuk tim kerja ada tiga komponen yang dibahas mukai dari gkobal supply chain produk timah hibgga kebijakan produk hilirnya yang bisa dijual," kata Ridwan Djamaluddin pada kesempatan  seminar nasional Kesiapan Investasi, SDM, dan Teknologi Menyongsong Hilirisasi Timah Indonesia digelar Forum Insinyur Muda Bangka Belitung, Jumat 25 November 2022.

Dari sisi aspek kebijakan untuk membangun hilirisasi timah kata Ridwan membutuhkan waktu hanya 18 bulan. 

Baca Juga: Khawatir Rawan Pangan, Ridwan Djamaluddin Dirikan Kebun Percontohan di Halaman Rumah Dinas Gubernur Babel

Kemudian nikai investasinya pun tidak bombastik seperti halnya sektor mineral lain. Untuk investasi hilirisasi timah berkisar antara Rp 200 miliar hingga Rp 400 miliar. 

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB

Timah Masuk Dalam Lima Mineral Strategis Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 12:42 WIB
X