Tiga Komponen Dibahas Tim Kerja Hilirisasi Timah, Apa Saja?

- Jumat, 25 November 2022 | 15:06 WIB
Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin membuka seminar nasional Kesiapan Investasi, SDM, dan Teknologi Menyongsong Hilirisasi Timah Indonesia digelar Forum Insinyur Muda Bangka Belitung, Jumat 25 November 2022. (ist)
Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin membuka seminar nasional Kesiapan Investasi, SDM, dan Teknologi Menyongsong Hilirisasi Timah Indonesia digelar Forum Insinyur Muda Bangka Belitung, Jumat 25 November 2022. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Pemerintah telah membentuk kelompok kerja (Pokja) untuk menyusun konsep hilirisasi timah di Indonesia. 

Hasil rumusan pokja hilirisasi timah ini menjadi masukan penting bagi pemerintah guna menyusun rencana  pembangun industri hilir timah mulai dari pemetaan produk paling hilir hingga kepastian kebijakan menghentikan ekspor timah batangan Indonesia.

Pokja hilirisasi Timah di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini dalam menyusun konsep hilirisasi timah juga memberikan kajian dan pertimbangan secara teknis dan profesional kepada pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Baca Juga: PIP Beroperasi di Perairan Kampung Iklim, Ridwan Djamaluddin: Pariwisata dan Pertambangan Bisa Berdampingan

"Kesiapan investasi dan teknologi dalam hilirisasi timah sudah tidak terlalu mengkhawatirkan. Untuk hilirisasi timah pemerintah akan membentuk tim kerja," kata Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin saat membuka Seminar Nasional Kesiapan Investasi, SDM, dan Teknologi Menyingsing Hilirisasi Industri Timah Indonesia di Pangkalpinang, Jumat 25 November 2022.

Pokja Hikirisasi timah yang akan melakukan pembahasan untuk menyusun kosep hiliriasi secara  rinci dalam waktu dekat. Hasil rumusan Pokja menjadi masukan penting dalam mengambil kebijakan.  

Menurut Ridwan Djamaluddin, ada tiga komponen utama yang menjadi pembahasan Pokja Hilirisasi Timah yang dilaksanakan awal Desember 2022 ini.

Baca Juga: Khawatir Rawan Pangan, Ridwan Djamaluddin Dirikan Kebun Percontohan di Halaman Rumah Dinas Gubernur Babel 

Pertama tentang global supply chain produk timah.Timah yang dihasilkan Indonesia, sebagian besar dari Bangka Belitung, 95 persen berbentuk ingot untuk diekspor. Hanya lima persen untuk kebutuhan dalam negeri. 

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB

Timah Masuk Dalam Lima Mineral Strategis Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 12:42 WIB
X