Kolaborasi Bersama BRIN dan PGRI Bangka Belitung, BPJ Selenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

- Sabtu, 19 November 2022 | 23:15 WIB
PGRI Bangka Belitung, BRIN dan Bambang Patijaya Komisi VII DPR RI kolabroasi laksanakan Pelatihan karya tulis ilmiah  (ist)
PGRI Bangka Belitung, BRIN dan Bambang Patijaya Komisi VII DPR RI kolabroasi laksanakan Pelatihan karya tulis ilmiah (ist)

Wowbabel.com - Karya tulis ilmiah merupakan hal yang lumrah di kalangan masyarakat saat ini. Masyarakat dariberbagai profesi bergiat untuk melaksanakan penelitian terhadap suatu hal. Terkhusus bagi para guru, penelitian merupakan sahabat karib yang sering disapa dengan penelitian tindakan kelas (Classroom action research).

 

Bambang Patijaya (BPJ) selaku Anggota DPR RI Komisi VII Dapil Babel melakukan kolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan pelatihan terbuka khusus untuk guru dari berbagai jenjang TK, SD, SMP, dan SMA/Sederajat tentang penulisan
karya tulis ilmiah di Hotel Santika, sabtu (19/11).

"Saya berharap dengan diadakan kegiatan ini selain dapat menambah ilmu dan wawasan guru terkait karya tulis ilmiah, hal ini juga dapat menjadi gebrakan baru bagi guru untuk melakukan penelitian lebih banyak lagi dan lebih dalam lagi di dalam dunia pendidikan," ujar BPJ.

Dalam kesempatan ini, SMA Negeri 3 Pangkalpinang ikut serta dalam pelatihan tersebut. Sebanyak 10 orang guru SMA Negeri 3 Pangkalpinang menjadi perwakilan untuk mengikuti pelatihan karya tulis ilmiah.

Narasumber Karya Tulis Ilmiah Yeyen Nurhamiyah menceritakan kepada semua peserta terkait suka dan duka dalam melaksanakan penelitian. Seperti yang kita ketahui, penelitian bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Jarang sekali penelitian yang dapat berhasil dalam satu kali penelitian saja. Bahkan jika satu
kali gagal, bukan berarti kita sebagai peneliti harus berhenti. Peneliti harus mencoba membuka pintu lainnya agar penelitian tersebut dapat berhasil dan sesuai dengan harapan.

"Boleh salah, tetapi tidak boleh mengalah. Apalagi penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para guru dalam dunia pendidikan tidak boleh berhenti terhadap satu hal saja," ujar Yeyen.

Yeyen menjelaskan masih banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru dalam tujuan memajukan pendidikan melalui karya dalam sebuah tulisan.

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Timah Masuk Dalam Lima Mineral Strategis Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 12:42 WIB

Sobri Temukan Tiga Jok Kursi Bertulisan Polairud

Senin, 28 November 2022 | 00:09 WIB
X