Listrik di Pulau Bangka Semakin Handal, 75 MW Sukses Ditransfer dari Pulau Sumatera

- Sabtu, 19 November 2022 | 09:56 WIB
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung sangat bersyukur dengan suksesnya interkoneksi kabel laut 150 kV Sumatera-Bangka pada akhir Maret 2022 lalu sistem kelistrikan Pulau Bangka kian handal.

Uji coba bertahap saluran kabel laut ini terus dilaksanakan seiring dengan perkembangan dan kebutuhan listrik di Pulau Bangka.

Umar Farouk Andy Saputro selaku Manager Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Bangka Belitung mengatakan berdasarkan hasil uji coba yang dilaksanakan team di lapangan didapatkan bahwa dengan adanya tambahan pasokan ini listrik semakin handal 24 Jam.

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Kerja Keras Seluruh Pihak, Angkat Jempol untuk PLN

“Hari ini kami melaksanakan kegiatan dengan menambahkan uji coba pembebanan kabel bawah laut interkoneksi Sumatera-Bangka, Alhamdulillah atas kerja keras semua team dan doa dari masyarakat listrik di Pulau Bangka semakin handal 24 Jam dengan adanya pasokan ini”, tutur Farouk.

GM PLN UIW Bangka Belitung, Ajrun Karim mengatakan, pihaknya ingin memberikan kontribusi dalam kemajuan daerah di Pulau Bangka. Salah satunya dengan cara memperkuat atau menambah kapasitas listrik yang saat ini sudah terhubung dengan sistem besar di Pulau Sumatera yang terhubung dengan kabel laut.

"Seperti sudah diketahui untuk menyambut investasi di Pulau Bangka, yang sebagian besar industri dan bisnisnya kian hari makin berkembang, saat ini tidak perlu khawatir. Alhamdulillah hari ini Pulau Bangka semakin berkecukupan daya karena hari ini 75 Megawatt (MW) berhasil ditransfer dari Pulau Sumatera ke Pulau Bangka. Hal ini akan terus dilaksanakan hingga nantinya akan mendapatkan transfer energi dari sistem kabel laut ini sebesar 200 Megawatt (MW),” ungkap Ajrun Karim.

Dengan beroperasinya sistem interkoneksi ini diharapkan investasi terkait kebutuhan listrik di Pulau Bangka tidak terkendala lagi. Ajrun berharap seluruh tahapan dalam proses uji coba bisa diselesaikan, sehingga jaringan interkoneksi bisa digunakan untuk mendorong perekonomian daerah.

Baca Juga: Hari Pertama Puncak KTT G20, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB

Timah Masuk Dalam Lima Mineral Strategis Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 12:42 WIB
X