Pilkada Bikin Pusing Pengusaha, Bamsoet : Banyak Teman-teman Kadin Menyampaikan Keluhan Ini Kepada Saya

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:55 WIB
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI

www.wowbabel.com - Keluhan para pengusaha dimintain sumbangan oleh calon kepala daerah saat menjelang pilkada mendapat respon dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Dalam jumpa pers nya di Gedung MPR didampingi anggota Wantimpres, Bamsoet mengatakan banyak pengusaha yang mengeluh dengan sistem pemilihan langsung di daerah, rata-rata dia harus menyumbang tidak hanya satu calon, tapi dua tiga calon di daerah yang sama

Bagaimana bila pilkada diadakan serentak di sejumlah daerah apakah tidak bikin pusing para pengusaha yang memiliki usaha diberbagai daerah.

"Banyak temen-temen kadin menyampaikan keluhan ini kepada saya, " ujar Bamsoet

Bamsoet berkeinginan Pelaksanaan sistem demokrasi saat ini perlu dievaluasi seberapa banyak manfaat dan mudaratnya,

"Apalagi dalam pelaksanaan pilkada saat ini di indonesia, kepala daerah terpilih hasil pilkada banyak ditangkap karena melakukan tindak pidana korupsi, " ujar Bamsoet

Menurut Bamsoet dalam pelaksanaan sistem demokrasi pasca reformasi ada kecendrungan yang perlu kita waspadai, apakah mungkin dengan biaya demokrasi yang tinggi dapat menekan perilaku korupsi yang makin meningkat.

Sebelumnya hal serupa juga pernah diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pada acara SatranasPK menyampaikan bahwa  demokrasi di Indonesia yang sampai saat ini biayanya sangat tinggi. 

Hal ini mengakibatkan proses politik yang semestinya dilakukan secara hati nurani menjadi transaksi bisnis, ketika terjadi transaksi bisnis yang terjadi kemudian pemilik modal la yang kemudian berkuasa.

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X