Perjalanan Dinas Luar Negeri Tanpa Izin, Pejabat Dapat Dikenakan Sanksi Administratif

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:20 WIB
Ilustrasi Sanksi Administratif (Pexels)
Ilustrasi Sanksi Administratif (Pexels)

www.wowbabel.com - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri telah mengatur tata cara perjalanan dinas luar negeri baik di lingkungan kementerian dalam negeri maupun pemerintah daerah.

Ketentuan tersebut dituangkan dalam Permendagri Nomor 59 Tahum 2019 tentang Tata Cara Perjalanan Ke Luar Negeri Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah. Dalam Peraturan tersebut menyebutkan Perjalanan dinas luar negeri wajib mendapatkan izin dari Menteri Dalam Negeri. 

Bupati atau Walikota mengajukan permohonan untuk penerbitan surat rekomendasi izin perjalanan dinas ke luar negeri kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur untuk perjalanan dinas yang dilakukan kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pimpinan DPRD dan Anggota, serta ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Diduga Tak Kantongi Izin, Ketua DPRD Bangka Tengah Nekad Dinas Luar Ke Australia

Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD melakukan Perjalanan Dinas Luar Negeri tanpa izin dikenakan sanksi administratif sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pendanaan perjalanan dinas didanai dari APBD dan Pihak Ketiga, sedangkan Biaya Perjalanan Dinas dengan alasan penting dibiayai dari biaya pribadi.

Penganggaran Perjalanan Dinas Luar negeri dianggarkan untuk perjalanan dinas biasa yang dilaksanakan di luar negeri.

Perjalanan dinas dilakukan secara selektif, frekuensi, jumlah hari dan jumlah orang dibatasi serta memperhatikan target kinerja dari perjalanan dinas dimaksud sehingga relevan dengan substansi kebijakan pemerintah daerah.

Baca Juga: Dinas ke Australia, Ketua DPRD Bangka Tengah Ngaku Gunakan Dana Pribadi

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB

Timah Masuk Dalam Lima Mineral Strategis Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 12:42 WIB
X