Sebanyak 2,1 Juta Tenaga Non ASN Terdata di BKN

- Senin, 3 Oktober 2022 | 19:11 WIB
Abdullah Azwar Anas Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). (ist)
Abdullah Azwar Anas Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). (ist)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Pemerintah telah menghimpun data tenaga non-aparatur sipil negara (non-ASN) atau honorer seluruh Indonesia. Honorer yang sudah terdata sebanyak 2.113.158 orang per 30 September 2022.

Data tenaga non-ASN yang masuk melalui web Badan Kepegawaian Negara (BKN) tersebut berasal dari 66 instansi pusat dan 522 instansi daerah.

Jumlah tenaga honorer diperkirakan akan bertambah mengingat masih ada data non-ASN yang harus diverifikasi dan validasi sebelum dikirim ke BKN.

"Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat pembina kepegawaian kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang telah melakukan pendataan tenaga non-ASN yang berada di lingkungan instansi masing-masing,” kata Menteri Pemberdayagunaan Aratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Badullah Azwar Anas melalui surat resminya tertanggal 30 September 2022.

Berdasarkan surat tersebut, Menteri Abdullah Azwar Anas meminta kepada seluruh instansi untuk melakukan verifikasi dan validasi kembali terhadap data tenaga non-ASN.

“Bagi instansi yang belum melakukan input data tenaga non-ASN agar melakukan verifikasi dan validasi data sebelum data tersebut diinput ke dalam aplikasi pendataan BKN,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Struktur RAPBD Pangkalpinang Tahun 2023, Molen Targetkan Pendapatan Daerah Rp Rp 711,59 M

Untuk menjaga validitas dan akuntabilitas data tenaga non-ASN yang telah diajukan, Kemenpan-RB mewajibkan semua instansi pemerintah memublikasikan secara luas kepada masyarakat melalui portal resmi instansi atau papan pengumuman selama lima hari kalender.

Paling lambat, data tenaga non-ASN tersebut harus diumumkan pada 8 Oktober 2022 untuk mendapatkan tanggapan atau umpan balik dari masyarakat sebagai dasar untuk perbaikan data.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB

Timah Masuk Dalam Lima Mineral Strategis Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 12:42 WIB
X