• Senin, 3 Oktober 2022

BKN : Perlu Komitmen Kepala Daerah Penuntasan Tenaga Non ASN

- Jumat, 23 September 2022 | 15:13 WIB
Rakor BKN dengan Menpan RB
Rakor BKN dengan Menpan RB

JAKARTA,www.wowbabel.com - Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan bahwa  berdasarkan data yang dikelola BKN terhadap penyelesaian tenaga honorer sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2013, sebanyak 1.072.092 telah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan metode seleksi.

“Pada saat itu, seleksi dilakukan sesuai Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2012 di mana pemerintah telah menurunkan passing grade sebesar 10%, namun masih banyak yang tidak lulus pada seleksi tersebut," ujar Bima dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Rabu (21/9/2022) di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Hotel.

Lebih lanjut, Bima mengatakan pengangkatan tenaga honorer dengan jumlah sebesar itu tidak diiringi dengan komitmen untuk berhenti melakukan perekrutan tenaga honorer sehingga angkanya justru bertambah dari tahun ke tahun.

"Fokus penyelesaian honorer ini telah dilakukan sejak tahun 2005 hingga saat ini, namun jumlah yang ada terus meningkat bukannya berkurang,” imbuhnya.

Untuk itu Bima berharap komitmen seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) terhadap penuntasan honorer dengan adanya pendataan tenaga Non-ASN pada tahun 2022.

Melalui pendataan ini, para Kepala Daerah harus mengisi Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPJM) yang akan berkonsekuensi hukum jika data yang disampaikan tidak benar.

Bima menyebutkan bahwa data non-ASN ini nantinya akan diverifikasi dengan kewajiban instansi pemerintah untuk melaporkan hasil pendataannya kepada publik sehingga masyarakat terutama peserta pendataan bisa melaporkan jika terjadi ketidaksesuaian dalam pendataan non-ASN ini.

Adapun fokus penyelesaian tenaga honorer dan tenaga non-ASN ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni : Kelompok 1 yaitu mereka yang mengikuti tes dan sudah lulus serta ada formasinya namun tidak pernah diusulkan

Kelompok 2 yakni dari jumlah pendataan non-ASN yang sedang dilakukan saat ini, ditambah dengan jumlah data tenaga honorer yang ada dalam database BKN.

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horee PLN Pastikan Tarif Listrik Tak Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:27 WIB
X