• Senin, 3 Oktober 2022

Inilah Faktor Memberatkan Pelaku Usaha untuk Hilirisasi Timah

- Jumat, 23 September 2022 | 14:35 WIB
Timah olahan dari peleburan PT Timah Tbk, perusahaan penambangan timah terbesar di Indonesia. Sebagian besar timah Indonesia berasal dari Bangka Belitung. 
Timah olahan dari peleburan PT Timah Tbk, perusahaan penambangan timah terbesar di Indonesia. Sebagian besar timah Indonesia berasal dari Bangka Belitung. 


JAKARTA, wowbabel.com -- Jabin Sufianto Sekretaris Jenderal Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) pemerintah sebaiknya mengoptimalkan bursa timah terlebih dahulu sebelum memulai hilirisasi timah.

Ada banyak faktor menjadi kendala bagi pelaku usaha pertimahan di Indonesia jika masuk ke hilirisasi

Pertama, menurut Jabin,  volume timah ingot yang diproduksi di Indonesia yang sangat besar.  Indonesia dapat mendikte dan menguasai pasar dunia melalui optimalisasi bursa di dalam negeri ketimbang membuat produk timah retail yang pasarnya sangat kecil di dalam negeri.

“Dengan banyaknya volume ingot di Indonesia, hal ini dapat dijadikan bargaining power untuk Indonesia. Maka dari itu, dalam mengolah timah, jangan diurai ke bawah menjadi produk retail, karena pasarnya sedikit,” kata Jabin Sufianto saat Focus Group Discussion (FGD) Tentang Rencana Larangan Ekspor Logam Timah di Akhir Tahun 2022 digelar Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Kamis (22/8/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan, Tahun Ini Stop Ekspor Timah

Baca Juga: Presiden Jokowi Ulangi Lagi Stop Ekspor Timah

Kendala lainnya yang memberatkan pelaku usaha pertimahan untuk masuk ke hilirisasi industri timah menurut Jabin, pemerintah harus memperhatikan pajak ekspor di Indonesia. 

Saat ini, pajak ekspor timah di Indonesia lebih besar dibandingkan pajak impor, yakni 11%. Sementara pajak impor hanya 0%. Bahkan terdapat impor yang bebas biaya pajak.

"Hal inilah yang memberatkan pelaku usaha dalam melakukan hilirisasi," tambah Jabin.

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horee PLN Pastikan Tarif Listrik Tak Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:27 WIB
X