• Senin, 3 Oktober 2022

Khawatir Indonesia Menjadi Republik Honorer, Menpan RB : Perlu Akselerasi Transformasi Manajemen ASN

- Jumat, 23 September 2022 | 06:00 WIB
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat membuka Rakor APKASI dan Kementerian PANRB di Jakarta, Rabu (21/9/2022).
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat membuka Rakor APKASI dan Kementerian PANRB di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

JAKARTA,www.wowbabel.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB) Abdullah Azwar Anas mengaku khawatir permintaan tenaga honorer untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa membuat Indonesia menjadi Republik Honorer.

"Dimana pada saat bersamaan banyak juga fresh graduate ingin menjadi ASN. Bila pemeritah pusat dan daerah terus menerus mengangkat honorer, anas kwatir Indonesia akan menjadi republik honorer," kata Anas saat acara Penandatanganan Keputusan Bersama Netralitas Pegawai ASN Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024 di kanal YouTube Kementerian PANRB, Kamis 22 September 2022. 

Anas mengaku situasi tersebut memang dilematis, satu sisi tenaga honorer terus bermunculan dalam tatanan pegawai pemerintahan dan ingin diangkat menjadi ASN,

"Muncul para fresh graduate dari perguruan tinggi sekitar 1 juta per tahun.Tentu ini jadi tantangan kita semua, ujar Anas 

Menurut Anas, ke depan perlu akselerasi transformasi manajemen ASN menuju birokrasi yang berkelas dunia. Mendorong ASN bersaing, melayani di era disrupsi dan lain-lain.

"Namun di sisi lain gelembung-gelembung honorer terus tumbuh, ada honorer yang kualitasnya bagus di berbagai daerah, namun ada juga honorer yang direkrut dengan berbagai macam cara yang kemudian minta diangkat menjadi ASN," ujar Anas.

Sementara itu para tenaga honorer Nakes dan NonNakes yang terhimpun dalam Forum Komunikasi Honorer Nakes dan Non-Nakes (FKHN) menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis 22 September 2022.

Aksi massa meminta pemerintah agar segera para  honorer nakes dan nonnakes bisa diangkat menjadi ASN

Massa menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menerbitkan Peraturan Presiden (PP) khusus yang mengatur honorer nakes dan nonnakes bisa diangkat menjadi ASN.(*)

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horee PLN Pastikan Tarif Listrik Tak Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:27 WIB
X