• Senin, 3 Oktober 2022

Mahfud MD Sebut Pemilu Pasti Diwarnai Kecurangan, Termasuk Zaman SBY.

- Kamis, 22 September 2022 | 17:21 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD

JAKARTA,www.wowbabel.com - Menanggapi Pernyataan Mantan Presiden RI  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menteri Koordinator Bidang Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan pemilu pasti diwarnai kecurangan, termasuk di zaman SBY yang menurutnya juga banyak terjadi kecurangan.

Kecurangan Pemilu pada zaman SBY bukan dilakukan pemerintah terhadap parpol melainkan kecurangan antar pendukung parpol sebagai konstentan pemilu.

Hal itu dibuktikan dengan adanya  gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi atas perolehan suara yang diperoleh partai lain.

Bahkan adanya juga yang mengugat karena ada yang merasa dicurangi sesama anggota partai. Ada atau tidak ada tudingan SBY, Pemilu pasti terjadi kecurangan.

"Di zaman orba kecurangannya vertikal atau langsung dilakukan penguasa, kalau sekarang curangnya horizontal terjadi antar kelompok rakyat yang sama-sama ikut pemilu," ujar Mahfud.

Sebelumnya dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Tahun 2022 di Jakarta Convention Center 15 September 2022, SBY menyampaikan bakal turun gunung dalam Pemilu 2024, karena beliau mendengar, memgetahui, bahwa ada tanda-tanda Pemilu 2024 bisa tidak jujur dan tidak adil.

Menurut Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M.Jamiludin Ritongga menilai SBY dikenal sebagai sosok yang berhati-hati dalam perpendapat dan tidak akan menyampaikan pendapat yang masih spekulatif, tentu SBY dalam menyampaikan pendapat akan ada indikasi kecurangan Pilpres 2024 tentu didasari data yang akurat dan sintesa yang komprehensif.

"Pendapat SBY seyogyanya dijadikan peringatan dini bagi semua pihak khususnya yang cintai demokrasi untuk memantau pencapresan 2024, dengan begitu Kekwatiran SBY akan ada kecurangan dalam pemilu 2024 dapat dicegah," ujar M Jamiludin

 

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horee PLN Pastikan Tarif Listrik Tak Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:27 WIB
X