• Senin, 3 Oktober 2022

Mahfud MD : Moralitas Anggota Polri Perlu Diubah

- Kamis, 22 September 2022 | 16:47 WIB
Mahfud MD singgung moralitas Polri (Dok. Istimewa)
Mahfud MD singgung moralitas Polri (Dok. Istimewa)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan perlu ada perubahan kultur di tubuh Polri.

Moralitas anggota Polri perlu diubah terutama terkait hedoisme dan tindakan kesewenang-wenangan yang kerap ditunjukan.

"Menyoroti moralitas anggota Polri yang perlu diubah, terutama sikap tamak, hedonis, kesewenang-wenangan, kesombongan. Anggota Polri mestinya dapat bersikap rendah hati (humble),"  ujar Mahfud Md dalam sebuah video yang diunggah di Youtube Polri Radio pada Selasa 20 September 2022. 

Mahfud juga menyinggung sosok Jenderal Hoegeng Kapolri kelima, ia dikenal sebagai polisi yang jujur dan berani di Indonesia, bahkan Presiden Abdulrahman Wahid pernah memuji kejujuran Hoegeng, dengan mengatakan ada tiga polisi jujur di negara ini yakni polisi tidur, patung polisi dan Hoegeng.

Lebih lanjut Mahfud dalam acara akselerasi reformasi kultural guna mewujudkan Polri Presisi yang diselenggarakan oleh Komisi Kepolisian Nasional Selasa 20 September 2022,  menyebutkan reformasi kultural di tubuh Polri berjalan stagnan dan cenderung mundur.

"Polri harus memiliki sikap profesional, humanis, dan menghormati hak asasi manusia. Meskipun Polri memiliki aturan yang bagus tetapi jika tidak sejalan dengan kultur dan kebiasaan aparat maka akan percuma," sebut Mahfud.

Mahfud pun mengingatkan agar tidak ada arogansi dari polisi dalam menyikapi masalah hukum di masyarakat.

Disisi lain Mahfud memberikan apresiasi kepada Kapolri terkait langkah-langkah yang telah dilakukan dalam penangganan kasus mantan Kadiv Propam Polri Fredy Sambo,  Persepsi publik atas kinerja polri  hingga juni 2022 selalu bagus berada diatas penegak hukum lainnya akan tetapi setelah muncul kasus Sambo, persepsi publik terhadap Polri menurun.

Oleh karena itu Mahfud menekankan reformasi kultural di tubuh polri harus dilakukan dengan penguatan kompetensi teknis, leadership dan etik. Jika tiga point itu berjalan maka presisi juga akan berjalan.(*)

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horee PLN Pastikan Tarif Listrik Tak Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:27 WIB
X