• Senin, 3 Oktober 2022

Sri Mulyani Tepati Janji Berikan Bonus DID Rp 1,5 T untuk Pemerintah Daerah

- Rabu, 21 September 2022 | 16:12 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Menjelaskan Alasan Kenaikan BBM
Menteri Keuangan Sri Mulyani Menjelaskan Alasan Kenaikan BBM

JAKARTA,www.wowbabel.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Memberikan Insentif kepada Pemerintah Daerah yang berkinerja baik dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak pandemi covud19 maupun pengendalian inflansi sebagai dampak penyesuaian harga BBM yang ditetapkan pemerintah oada tanggal 3 September 2022.

“Kita akan beri insentif melalui Dana Insentif Daerah (DID) untuk pemerintah daerah (pemda) yang inflasinya lebih rendah dari level nasional sebesar Rp10 miliar, setidaknya untuk masing-masing top 10 paling rendah di provinsi, kabupaten, dan kota” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani setelah rapat terbatas dengan Presiden minggu yang lalu.

Atas hal tersebut, Pemerintah memberikan penghargaan kepada pemda dengan mengalokasikan DID atas penilaian kinerja tahun berjalan sebesar Rp1,5 Triliun di periode pertama untuk pemda yang berkinerja baik.

“Penghitungan alokasi DID Kinerja Tahun Berjalan periode pertama dihitung berdasarkan kinerja daerah dengan kategori penggunaan Produk Dalam Negeri dan UMK; percepatan belanja daerah; percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19; dukungan belanja daerah terhadap penurunan tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan stunting; dan penurunan inflasi daerah di bidang penggunaan PDN, penurunan inflasi daerah” ujar Astera Primanto Bhakti, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan.

Pemda yang berhasil mendapatkan alokasi DID merupakan:

(1). Top 10 provinsi, kabupaten, dan kota untuk kategori penggunaan PDN, percepatan belanja daerah, percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, dan dukungan belanja daerah terhadap penurunan kemiskinan, pengangguran, dan stunting dengan total alokasi masing-masing kategori sebesar Rp270 miliar. Dengan alokasi tersebut rata-rata per kategori yang diterima setiap daerah adalah sebesar Rp9,0 miliar.

(2). Top 10 provinsi, top 15 kabupaten, dan top 15 kota untuk kategori kinerja penurunan inflasi daerah dengan alokasi sebesar Rp420 miliar, sehingga rata-rata yang diterima setiap daerah adalah sebesar Rp10.5 miliar.
Secara total, terdapat 125 pemda yang memperoleh alokasi DID karena terdapat pemda yang menerima alokasi lebih dari satu kategori. Mekanisme terkait Dana insentif Daerah Tahun Berjalan Periode Pertama telah diatur sepenuhnya dalam PMK 140/PMK.07/2022

 

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horee PLN Pastikan Tarif Listrik Tak Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:27 WIB
X