• Senin, 3 Oktober 2022

Bawaslu Jangan Terjebak Prosedural Normatif Tapi Perlu Memperkuat Aspek Subtantif Pengawasan

- Senin, 19 September 2022 | 17:13 WIB
Ranto (Dosen Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan Kapong Sebubong Indonesia).(ist)
Ranto (Dosen Ilmu Politik UBB dan Peneliti di Yayasan Kapong Sebubong Indonesia).(ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawslu) RI telah menetapkan tiga nama yang lolos uji kelayakan dan kepatutan bagi calon Komisioner Bawaslu Provinsi Periode 2022-2027, salah satunya dari Provinsi Bangka Belitung.

Tiga nama calon komisioner Bawaslu Provinsi Bangka Belitung yang ditetapkan, yakni EM Osykar, Sahirin dan Jafri.

Menanggapi hal tersebut ahli pemilu sekaligus dosen di Jurusan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung, Ranto, menyebutkan dengan terpilihnya komisioner tersebut menandakan proses rekrutmen yang cukup baik untuk mengisi pos-pos penting dalam penyelenggaraan pemilu di Babel untuk periode mendatang.

“Ada beberapa alasan yang menguatkan keyakinan tadi. Pertama, rekam jejak komisioner ini dalam catatan saya tidak terlalu buruk. Jika dilihat dari pengalaman pun juga sudah oke,” kata Ranto, Senin 19 September 2022.

Baca Juga: Segini Besaran Gaji Ketua Dan Anggota Bawaslu, Baik Provinsi, Kabupaten/Kota Per Bulan

Tak hanya itu, tambah Ranto, jika dilihat dari usia juga masih tergolong muda. Dengan usia yang masih muda ini bisa membuat performa Bawaslu lebih maksimal. Yang lebih penting dari itu semua, latar belakang komisioner ini dari kalangan aktivis di masanya, baik itu aktivis beraliran nasionalis maupun religius.

“Saya bisa membayangkan ketika tiga komisioner yang terpilih nanti dalam menjalankan agenda-agenda kerjanya penuh dengan perspektif. Tentu saja, program yang dilaksanakan oleh Bawaslu nanti tidak terjebak pada persoalan prosedural normatif saja tetapi juga memperkuat perspektif subtantif yang tidak melampaui kewenangannya,” tutur Ranto.

Lebih lanjut dikatakan Ranto, apa yang telah terjadi dari berbagai momen politik yang sudah berlangsung di Bangka Belitung dalam kerja-kerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu terlalu prosedural. Banyak peristiwa pelanggaran yang tidak bisa diuraikan karena terbentur dengan keterbatasan perspektif tadi.

Baca Juga: Bawaslu RI Umumkan Komisioner Bawaslu Bangka Belitung, Ini Dua Wajah Baru 

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Horee PLN Pastikan Tarif Listrik Tak Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:27 WIB
X