Mitra BUMN dan Penambang Ilegal Rebutan Menambang Timah di Laut Bangka Selatan

- Jumat, 16 September 2022 | 18:26 WIB
Aksi nekat penambang ilegal yang terus beraktivitas di sekitar wilayah operasional Kapal Isap Produksi (KIP) yang merupakan mitra BUMN. (ist)
Aksi nekat penambang ilegal yang terus beraktivitas di sekitar wilayah operasional Kapal Isap Produksi (KIP) yang merupakan mitra BUMN. (ist)

BANGKA BELITUNG,wowbabel.com -- Karut marut penambangan biji timah di Bangka Belitung tak kunjung usai. Contoh kecil penambangan timah di ujung Selatan Pulau Bangka, tepatnya di perairan laut Sukadamai, Toboali, Bangka Selatan.

Penambangan timah ilegal di wilayah konsensi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah (persero) Tbk, itu tak pernah sepi.

Bahkan, perusahaan BUMN harus saling rebutan menambang dengan masyarakat penambang ilegal. Hal itu terjadi pada, Jumat 16 September 2022.

Dalam sebuah rekaman video, terekam aktivitas penambangan di perairan setempat, dimana terlihat sebuah Kapal Isap Produksi (KIP) milik mitra PT Timah rebutan nambang dengan penambang ilegal.

Baca Juga: Jaga Kelestarian Pulau Penanas, PT Timah Tbk dan DLH Belitung Timur Tanam Cemara Laut dan Bambu

Tambang tambang sekala kecil terlihat dengan leluasa menambang di area penambangan KIP milik mitra PT Timah, bahkan hanya berjarak beberapa meter saja. Jumlahnya pun tidak sedikit.

Disamping sangat berbahaya bagi keselamatan para penambang yang menggunakan metode selam (penambang menyelam ke dasar laut), kondisi itu pun sangat menganggu aktivitas penambangan KIP.

Sementara PT Timah mengatakan, sudah berulang kali melakukan penindakan dan imbauan kepada para pelaku penambang ilegal di perairan setempat.

Baca Juga: Pembangunan Smelter Baru Ausmelt Milik PT Timah Tbk Didanai Finnvera dan Indonesia Eximbank

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB
X