Moeldoko: Ekspor Timah Dihentikan Jika Hilirisasi Sudah Berdiri

- Jumat, 16 September 2022 | 16:49 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko. (Firman Wow)
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko. (Firman Wow)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com – Kepala Stafa Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia, Moeldoko mengatakan pemerintah lebih dahulu mempersiapkan bentuk hilirisasi industri hilir sebelum menghentikan ekspor timah.

Keberhasilan hilirisasi sumber daya alam tambang, menurut Moeldoko dengan mencontoh keberhasilan hilirisasi nikel dan alumunium yang bisa meningkatkan nilai tambah bagi negara.

Oleh sebab itu hilirisasi timah yang sebagian besar dihasilkan Bangka Belitung terus dikaji kementerian terkait.

"Nanti akan didalami kementerian terkait dalam hal ini kementerian teknis, dan kita tunggu seperti apa bentuk hilirisasinya, lalu aturan-aturannya seperti apa nanti," ungkap Moeldoko saat melakukan kunjungan kerja ke Pangkalpinang, Jumat 16 September 2022.

Baca Juga: Harga Timah Shanghai Naik Tipis 

Ia juga menyebutkan, saat ini Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan rencana penghetian ekspor timah untuk menuju hilirisasi industri, ketika sudah dibangun industri hilirnya barulah kegiatan ekspor timah ini dihentikan.

"Penghentian ekspornya belum, karena baru wacana, waktu nikel kita ekspor raw material keuntungan yang didapat oleh negara Rp1,6 triliun, tapi begitu Presiden menekan untuk masuk ke hilirisasi, maka Indonesia mendapat kan Rp 20,4 triliun, nah ini gambaran bagaimana kita merubah dari rawmetrial menjadi hilir," terangnya.

Lanjutnya, untuk hilirisasi timah, Moedoko mengatakan dilihat terlebih dahulu sejauh mana kesiapan untuk menuju industri hilirnya, sebagaimana dilakukan oleh pemerintah terhadap alumunium.

"Seperti alumina juga begitu, alumina diperintahkan Presiden segera disiapkan hilirisasinya lalu melarang diekspor, nah nanti (timah) dilihat kesiapan hilirisasinya seperti apa," ucap Moeldoko.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB

Timah Masuk Dalam Lima Mineral Strategis Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 12:42 WIB
X