Hadapi Hacker Bjorka, Moeldoko Gandeng BIN dan BSSN

- Jumat, 16 September 2022 | 16:28 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko. (Firman Wow)
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko. (Firman Wow)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com-- Kasus kebocoran data milik Indonesia yang dilakukan Hacker Bjorka yang terjadi belum lama ini menjadi perhatian pemerintah Indonesia.

Aksi peretasan data yang dilakukan Bjorka ini menyasar pada sejumlah data Indonesia mulai dari BPJS, hingga yang terbaru indentitas BIN dan surat-surat rahasia untuk Presiden RI.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah menggelar pertemuan dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Kemarin saya sudah diskusi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan kita akan mengambil langkah," tegas Moeldoko saat berada di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Jumat 16 September 2022.

Baca Juga: Identitas Bjorka Terkuak, Muhammad Said Fikriansyah Beri Klarifikasi

"Nanti kita akan mengambil langkah bersama Badan Inteljen Negara (BIN) dan semua, juga akan mengambil langkah untuk menghadapi langkah berikutnya seperti apa," ujar Moeldoko.

Sebelumnya dalam siaran pressnya Moeldoko menegaskan kedaulatan data di ruang siber merupakan perpanjangan tangan dari kedaulatan negara. Untuk itu, pemerintah tak boleh abai mengatasi kebocoran data di ruang siber.

"Kita tidak boleh abai mengatasi ini. Kalau kita abai, kita dianggap lemah," tegasnya.

Menurut Moeldoko, kasus kebocoran data yang terjadi saat ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk membenahi keamanan siber Indonesia. Salah satunya, dengan memaksimalkan teknologi anak negeri dan pelibatan para talenta yang menguasai bidang tersebut.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB
X