Jokowi Teken Inpres Kendaraan Listrik, Ledakan PAD Daerah Akan Terjadi

- Kamis, 15 September 2022 | 17:22 WIB
Jokowi Teken Inpres Kendaraan Listrik
Jokowi Teken Inpres Kendaraan Listrik

www.wowbabel.com - Pemerintah dalam rangka percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listik berbasis baterai pada instansi pemerintah.

Presiden Jokowi telah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai ( Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional Dan/Atau Kendaraan Dinas Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

"Mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional," demikian tertuang dalam Inpres 7/2022.

Dengan adanya percepatan program penggunaan kendaraan listrik di masa depan akan berdampak positif bagi peningkatan penerimaan daerah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Salah satu Pajak Barang Tertentu yang dipungut Pemerintah Daerah adalah pajak atas konsumsi tenaga listik.

"Tarif Pajak Daerah atas penggunaan tenaga listrik maksimal 10% kecuali khusus tarif atas tenaga listrik untuk konsumsi tenaga listrik dari sumber lain oleh industri, pertambangan minyak bumi dan gas alam dengan tarif 3 % sedangkan konsumsi tenaga listrik yang dihasilkan sendiri dengan tarif 1,5%," sebagaimana tertuang dalam Pasal 58 UU Nomor 1 Tahun 2022

Tenaga Listrik sebagai salah satu jenis pajak yang dipungut pemerintah daerah sebagaimana tertuang dalam Pasal 50 huruf b UU Nomor 1 Tahun 2022.

Ledakan Penerimaan Daerah akan terjadi massive bila penggunaan kendaraan listrik lebih dominan daripada penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak sebagai alat transportasi harian dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilirisasi Bahan Tambang Jalan Terus

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:14 WIB
X