Sepanjang 50 Meter di Bibir Pantai Asmara Muntok Alami Abarasi, BPBD Bangka Barat Akan Lakukan Ini

- Rabu, 25 Januari 2023 | 17:41 WIB
Sepanjang 50 meter bibir Pantai Asmara Muntok mengalami abrasi akibat hantaman gelombang laut yang cukup besar. (agus babar)
Sepanjang 50 meter bibir Pantai Asmara Muntok mengalami abrasi akibat hantaman gelombang laut yang cukup besar. (agus babar)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Sepanjang puluhan meter bibir Kawasan Pantai Asmara Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat mengalami abrasi.

Akibatnya sepanjang 50 bibir pantai kawasan tersebut terkikis air dan sekitar 10 meter menyebabkan jalan di kawasan itu ikut amblas.

Dari pantauan wowbabel di lapangan, abrasi tersebut mengikis beberapa tempat jualan para pedagang di kawasan itu, bahkan abrasi juga mengikis akses jalan.

Hampir merusak separuh badan jalan. Namun, masih bisa dilintasi oleh kendaraan roda dua atau roda empat.

Baca Juga: Kawasan Wisata Pantai Asmara Alami Abrasi, Pedagang Makanan Kehilangan Mata Pencaharian

Para pedagang makanan di kawasan tersebut terpaksa membongkar pondok tempat jualannya agar tidak roboh dihantam gelombang besar.

Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursyandi menyebutkan untuk kerusakan bibir Pantai Asmara itu disebabkan oleh abrasi yang mencapai sepanjang 50 meter.

"Gelombang laut yang mengakibatkan abrasi di bibir atau garis Pantai Asmara menyebabkan kerusakan sepanjang 50 meter dan selebar 4 hingga 5 meter serta tinggi 1 meter. Kerusakan di aspal lebih sedikit, sekitar 10 meter," terang Achmad Nursyandi, Rabu 25 Januari 2023.

Lebih lanjut, Achmad Nursyandi, mengatakan pihaknya akan segera membangun tanggul atau penahan gelombang air laut.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X