Akibat Banjir Rob, Ribuan Rumah Warga di Tiga Kabupaten di Bangka Belitung Tergenang Air

- Rabu, 25 Januari 2023 | 14:57 WIB
Banjir rob yang melanda rumah warga di Kota Pangkalpinang (IST)
Banjir rob yang melanda rumah warga di Kota Pangkalpinang (IST)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com -- Tiga Kabupaten di Provinsi Bangka-Belitung">Bangka Belitung masih terdampak banjir rob yang disebabkan air laut pasang tinggi beberapa hari belakangan ini. Ribuan rumah warga di wilayah pesisir masih tergenang air.

"Saat ini titik-titik banjir rob di wilayah Bangka-Belitung">Bangka Belitung, ada di tiga wilayah, seperti Kota Pangkalpinang, Bangka Barat dan Kabupaten Bangka," ujar Kepala BPBD Bangka-Belitung">Bangka Belitung, Mikron Rabu 25 Januari 2023.

"Ada sekitar 2000 rumah warga di daerah pesisir yang terdampak banjir rob, dan satu fasilitas umum terdampak di wilayah Bangka Barat, dan mengalami kerusakan disebabkan abarsi dengan tingginya gelombang air laut di pinggir pantai," sambung Mikron.

Baca Juga: Waspada, Banjir Rob di Pangkalpinang Masih Terjadi Hingga 28 Januari Nanti

Ditambahkan Mikron, tim BPDB Kabupaten/Kota dan provinsi masih terus melakukan peninjauan dan siaga di titik rawan banjir.

"Kita akan terus antisipasi ini sampai tanggal 28, dan siaga ini terus dilakukan selama musim penghujan, karena musim penghujan ini akan masih berlangsung sampai awal-awal Februari 2023," ujarnya.

Dikatakan Mikron pemerintah pun telah akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami banjir rob.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Penghasilan Nelayan di Bangka Barat Berkurang, BPBD Imbau Nelayan Tunda Melaut

"Bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir rob ini pasti ada, kami juga sudah mensiagakan logistik, dan apa bila banjir cukup tinggi kita juga menyediakan peralatan guna membawa warga yang aman dan saat ini pun di lokasi-lokasi rawan banjir tetap kita siagakan dan anggota selalu stanbay," ungkap Mikron Antariksa.

Editor: Krisya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X