Waspada, Banjir Rob di Pangkalpinang Masih Terjadi Hingga 28 Januari Nanti

- Rabu, 25 Januari 2023 | 14:39 WIB
Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa (Firman wow)
Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa (Firman wow)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com -- Musibah banjir rob akibat air laut pasang masih melanda sejumlah wilayah di Provinsi Bangka Belitung.

Banjir rob ini diperkirakan masih akan terjadi hingga berapa hari ke depan, hingga saat ini sejumlah wilayah di Bangka Belitung masih tergenang air akibat banjir rob.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG Pangkalpinang, kemarin, kondisi ini masih akan terjadi hingga 28 Januari 2023 nanti.

Baca Juga: Sebanyak 141 Rumah Warga di Pangkalpinang Tergenang Banjir Rob

"Kami BPBD Provinsi Bangka Belitung, mendapatkan informasi dari BMKG Pangkalpinang, bahwa mulai tanggal 20 sampai dengan 28 Januar nanti, ada fenomena supermoon yang mengakibatkan tingginya pasang air laut di luar normal, dan mengakibatkan ketinggian air laut 3 sampai 4 meter," kata Mikron Antariksa, Rabu 25 Januari 2023, saat meninjau titik banjir rob di Kampung Opas Pangkalpinang.

Ditambahkan Mikron, kejadian ini tentu saja akan berdampak luas kepada Kehidupan masyarakat, salah satunya masyarakat yang tinggal di pesisir yang ada di wilayah Babel.

Mikron juga menyebutkan, saat ini pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak TNI/Polri melalui zoom sejak tanggal 18 Januari kemarin, untuk mensiagakan seluruh anggota BPBD di wilayah dan titik pesisir yang mengalami dampak banjir rob.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Penghasilan Nelayan di Bangka Barat Berkurang, BPBD Imbau Nelayan Tunda Melaut

"Untuk di wilayah Kota Pangkalpinang, hari ini kami tinjau, ketinggian airnya sekitar 20-50 senti meter," ujarnya.

Halaman:

Editor: Krisya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X