Tujuh Tahun Kecamatan Parittiga Tak Dilanda Banjir, Ternyata Ini Penyebab Banjir Tahun Ini

- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:02 WIB
Wakil Bupati Bangka Barat saat meninjau salah satu titik banjir di Kecamatan Parittiga, Bangka Barat (agus babar )
Wakil Bupati Bangka Barat saat meninjau salah satu titik banjir di Kecamatan Parittiga, Bangka Barat (agus babar )

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com — Dalam tujuh tahun terakhir beberapa wilayah di Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat tidak terjadi banjir. Namun beberapa waktu lalu terjadi banjir yang cukup tinggi.

Menurut Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming banjir kembali terjadi akibat penyempitan aliran sungai di beberapa titik

"Kabarnya sekitar 7 tahun tidak terjadi banjir, kami masih membuat kajian. Apakah karena curah hujan di tahun 2023 ini jauh lebih tinggi dibandingkan 7 tahun yang lalu atau memang dikarenakan terjadinya penyempitan sungai itu," ungkap Bong Ming Ming saat meninju lima titik di Kecamatan Parittiga, Selasa, 24 Januari 2023.

Baca Juga: Jebus-Parittiga Diterjang Banjir, Puluhan Rumah Warga dan Lapak Pedagang Terendam Air

Lalu, Bong Ming Ming mengatakan Pemkab Bangka Barat masih melakukan kajian agar tidak terjadi banjir lagi di wilayah Kecamatan Parittiga itu.

"Kami melakukan pemetaan terlebih dahulu dan kajian untuk solusinya seperti apa. Kami juga telah berkomunikasi dengan balai aliran sungai, mereka ada rencana akan membangun kolam retensi untuk titiknya sedang dikaji," kata dia.

Dikatakan, Bong Ming Ming memang banyak terjadi penimbunan oleh masyarakat sehingga terjadi penyempitan di alur sungai itu.

Baca Juga: Diguyur Hujan Lebat, Jalan Raya Desa Tumbak Petar- Desa Limbung Diterjang Banjir

"Ada yang sudah jadi bangunan permanen, dan ada juga yang belum, dimana penyempitan sungai ini mengakibatkan banjir. Kami masih mencari titik solusinya," cetus dia

Halaman:

Editor: Krisya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X