Sambut Perayaan Imlek 2574, Ratusan Lilin Dinyalakan di Klenteng Kwen Tie Miau

- Minggu, 22 Januari 2023 | 10:12 WIB
Umat Konghucu mulai menyalahkan lilin dan besembahyang di Klenteng Kwen Tie Miau Kota Pangkalpinang  saat menyambut Perayaan Tahun Baru Imlek. (firman wow)
Umat Konghucu mulai menyalahkan lilin dan besembahyang di Klenteng Kwen Tie Miau Kota Pangkalpinang saat menyambut Perayaan Tahun Baru Imlek. (firman wow)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com-- Umat Konghucu di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung menggelar ritual menyalakan ratusan lilin dan sembahyang di Klenteng Kwen Tie Miau, Pangkalpinang, Sabtu 21 Januari 2023 malam.

Ritual menyalakan lilin dan sembahyang tersebut, sekaligus menyambut Tahun Baru Imlek 2574, yang jatuh pada hari Minggu 22 Januari 2023.

Tradisi menyalahkan lilin di setiap Perayaan Imlek, selalu dilakukan umat Konghuchu setiap tahunnya, guna diyakini sebagai penerang jalan di tahun berikutnya.

Ketua Yayasan Klenteng Kwen Tie Miau Pangkalpinang, Hendri Gunawan mengatakan tradisi menyalakan lilin ini memang dilakukan setiap tahun saat Perayaan Imlek.

Baca Juga: PT Timah Tbk Berikan Kado Imlek Bagi Masyarakat Tionghoa di Desa Belo Laut

Diungkapkannya, sembahyang pada satu hari sebelum Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili itu adalah sebagai awal dari permohonan di awal tahun yang baru ini.

"Umat-umat ke Klenteng ini dari pagi tadi, mulai Jam 4, kurang lebih subuh, sudah silih berganti, datang di klenteng ini untuk menyembah dengan sesajian yang mereka bawa masing-masing," kata Hendri, Sabtu 21 Januari 2023 malam.

Ratusan lilin dinyalakan di Klenteng Kwen Tie Miau Pangkalpinang untuk menyambut Tahun Baru Imlek. (firman wow)

Selain itu dijelaskannya, sembahyang dilakukan umat-umat di klenteng ini dengan mengharap, berdoa dan memohon kepada dewa Kwan Kong dan dewa-dewi yang ada di kelenteng ini untuk dapat memberikan, keselamatan kesuksesan, dan mereka juga berharap anak-anak disekolah mereka diberikan satu, hasil studi yang begitu baik di tahun ini.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Find N2 Flip Ponsel Lipat Foto Copy Galaxy Z Flip

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:39 WIB
X