Siswa Kelas XII SMAN 3 Pangkalpinang Ikuti Tryout Loud SNBT 2023 Bersama Ruang Guru dan Sekolah se-Indonesia

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 14:09 WIB
Sebanyak 204 siswa Kelas XII SMAN 3 Pangkapilpinang mengikuti Tryout Loud SNBT 2023 secara online yang digelar bersama Ruang Guru dengan seluruh sekolah se-Indonesia, Sabtu 21 Januari 2023. (ist)
Sebanyak 204 siswa Kelas XII SMAN 3 Pangkapilpinang mengikuti Tryout Loud SNBT 2023 secara online yang digelar bersama Ruang Guru dengan seluruh sekolah se-Indonesia, Sabtu 21 Januari 2023. (ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Sebanyak 204 siswa Kelas XII SMAN 3 Pangkalpinang mengikuti Tryout Loud SNBT 2023 secara online yang digelar bersama Ruang Guru dengan seluruh sekolah se-Indonesia, Sabtu 21 Januari 2023.

Wakil Kepala SMAN 3 Pangkalpinang Bagian Kurikulum, Era mengatakan kegiatan tryout bersama Ruang guru bukan hal yang pertama kali dilakukan di SMA Negeri 3 Pangkalpinang.

SMA Negeri 3 Pangkalpinang selalu membuka diri untuk memfasilitasi siswa kelas XII untuk mempersiapkan siswa melanjutkan Perguruan Tinggi.

Hal ini dilakukan seiring dengan kebutuhan siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), sebagai salah satu Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Baca Juga: Gaet Direktur WowBabel, SMAN 3 Pangkalpinang Gelar Bimtek Jurnalistik

Maka sekolah menggangap perlu dilaksanakan kegiatan Try Out Loud SNBT 2023 dimana dalam tryout tersebut terdiri dari 2 komponen besar yaitu tes skolastik dan tes literasi.

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah tes yang didesain untuk menguji kemampuan berfikir siswa sekolah calon mahasiswa baru, yaitu kemampuan untuk memahami dan bernalar yang diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini berkembang melalui proses belajar dan pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah.TPS terdiri dari empat komponen, ialah Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pengetahuan Kuantitatif.

Menurut Era, komponen Penalaran Umum terdiri dari tiga sub-komponen, ialah penalaran induktif, penalaran deduktif, dan penalaran kuantitatif.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X