Inovasi Sosial Program Kampung Amoi PT Timah Tbk Direplikasikan di Desa Air Limau

- Jumat, 2 Desember 2022 | 20:41 WIB
Pelatihan Pembuatan Probiotik dan penggunaannya dalam budidaya lele yang diberikan kepada  warga Desa Air Limau Kecamatan Muntok. (ist)
Pelatihan Pembuatan Probiotik dan penggunaannya dalam budidaya lele yang diberikan kepada warga Desa Air Limau Kecamatan Muntok. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Untuk memberdayakan masyarakat di lingkar tambang, PT Timah Tbk kerap melakukan inovasi sosial. Upaya inovasi sosial diintegrasikan dengan program pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Salah satu inovasi sosial yang dilakukan PT Timah Tbk yakni Kampung Amoi yang merupakan akronim dari Agro Mandiri dan Terintegrasi. Inovasi sosial Kampung Amoi yang dilakukan anggota holding industri pertambangan Indonesia MIND ID ini dilaksanakan di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Tahun lalu, inovasi sosial Kampung Amoi di Kelurahan Tanjung ini sukses mengantarkan Unit Metalurgi PT Timah Tbk meraih Proper Emas. Dinilai berhasil dilaksanakan di Kelurahan Tanjung, program Inovasi Sosial Kampung Amoi ini direplikasi di Desa Air Limau.

Baca Juga: Terima Tambahan Modal dari PT Timah Tbk, Usaha Furniture Kartika Bisa Penuhi Pesanan Konsumen

Inovasi sosial Kampung Amoi ini juga merupakan upaya emiten Berkode TINS ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di sekitar.

Program kampung Amoi juga berusaha menjawab tingginya kebutuhan kompos dan kebutuhan bibit tanaman di Pulau Bangka yang masih sangat tergantung dengan daerah lain
Kampung Amoi juga berusaha menjawab rendahnya ketahanan pangan di wilayah Muntok, Bangka Barat karena pemenuhan komoditas seperti ikan air tawar, daging unggas, maupun sayuran yang masih bergantung kepada daerah lain.

Melalui program Kampung Amoi , PT Timah Unit Metalurgi Muntok berhasil memberdayakan kelompok tani yang telah ada dan kelompok baru yang anggotanya didominasi oleh kelompok yang rentan seperti pekerja tidak tetap, termasuk penambang liar untuk melakukan kegiatan seperti kompostik, pembibitan, peternakan unggas dan perikanan yang terintegrasi dalam satu area.

Ketua Kelompok Tani Tanjung Jaya Hendrik mengatakan Program kampung Amoi kawasan integrasi yang mempunyai kegiatan tanpa menghasilkan sampah.

Baca Juga: Mobil Sehat PT Timah Tbk, Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Pantai Nyiur Melambai

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X