Ternyata Ini Penyebab Tabrakan KMV Serasi I dengan KMV Batanghari Mas

- Jumat, 2 Desember 2022 | 08:56 WIB
Tim SAR Gabungan sedang melakukan evakuasi terhadap crew KMV Serasi I yang karam dan tenggelam di Perairan Selat Bangka.  (ist)
Tim SAR Gabungan sedang melakukan evakuasi terhadap crew KMV Serasi I yang karam dan tenggelam di Perairan Selat Bangka. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com – KMV Serasi I dan KMV Batanghari Mas bertabrakan di Perairan Selat Bangka, Kamis 1 Desember 2022 dinihari.

Akibatnya KMV Serasi I mengalami kebocoran di bagian lambung, sehngga kapal karam dan tenggelam. Diduga tabrakan bisa terjadi lantaran kesalahan manusia (Human Error).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muntok, I Made Suartama saat Konferensi Pers Kamus 1 Desember 2022 di kantornya. 

Baca Juga: Usai Tabrakan dengan KMV Serasi I, Kapal MV Batanghari Mas Tetap Lanjutkan Pelayaran

I Made Suartama mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kecelakaan kapal tersebut, namun dugaan sementara akibat kesalahan manusia (Human Error). 

"Kalau penyebab pasti kita belum tahu, kita juga belum lakukan investigasi, sementara ini dugaan human error," ungkap I Made.

I Made Suartama menyebutkan, untuk peristiwa kecelakaan kapal tersebut, diketahui terjadi berjarak sekitar 60 mil dari Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok Kabupaten Bangka Barat. 

Baca Juga: Sebelum Terjadi Tabrakan, ABK Kapal MV Serasi I Sedang Beristirahat

"Yang menabrak adalah MV Batanghari Mas, jadi sempat sudah komunikasi memang setelah kejadian karena mereka tujuan Tanjung Priok mereka melanjutkan perjalanan ke Tanjung Priok," jelasnya. 

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Find N2 Flip Ponsel Lipat Foto Copy Galaxy Z Flip

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:39 WIB
X