BPN Bangka Belitung Selesaikan Sertifikasi 20.134 Bidang Tanah

- Jumat, 2 Desember 2022 | 07:10 WIB
Bertempat di Hotel Soll Marina Bangka, sebanyak 500 masyarakat penerima manfaat diundang langsung dalam penyerahan sertifikat ini yang dihadiri oleh Penjabat Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin.  (ist)
Bertempat di Hotel Soll Marina Bangka, sebanyak 500 masyarakat penerima manfaat diundang langsung dalam penyerahan sertifikat ini yang dihadiri oleh Penjabat Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin. (ist)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com -- Sebanyak 20.134 bidang tanah masyarakat Bangka Belitung (Babel) kini resmi bersertifikat, lewat pelayanan yang diberikan Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Babel pada tahun ini. 

Jumlah bidang tanah yang disertifikat tersebut terdiri dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 18.8887 bidang tanah dan program Redistribusi tanah tetap sebanyak 1.247 bidang tanah. Secara simbolis, penyerahan sertifikat ini dilakukan BPN secara serentak se-Indonesia, Kamis 1 Desember 2022 kemarin. 

Bertempat di Hotel Soll Marina Bangka, sebanyak 500 masyarakat penerima manfaat diundang langsung dalam penyerahan sertifikat ini yang dihadiri oleh Penjabat Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin serta Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafri Rahman. 

Baca Juga: Mantapkan Nilai Kebangsaan, Pemprov Bangka Belitung Gadeng Lemhanas RI

Kepala Kanwil BPN Bangka Belitung, Oloan Sitorus menyampaikan, bahwa pada tahun ini, Kanwil BPN Babel mendapatkan alokasi untuk melaksanakan program strategis nasional PTSL dan Redistribusi Tanah. Target PTSL sebanyak 34.680 bidang direvisi karena adanya kebijkan automatic adjusment menjadi 28.372 bidang, sedangkan Redistribusi Tanah tetap sebanyak 10.000 bidang. 

"Dari target yang diberikan tersebut, untuk PTSL telah terealisasi sebanyak 18.887 bidang sedangkan Redistribusi Tanah sebanyak 1.247 bidang,. elaksanaan PTSL dapat diselesaikan karena dukungan pemerintah daerah, untuk itu kami mohon pemerintah daerah untuk terus mendorong partisipasi masyarakat dalam mengikuti PTSL," jelas Oloan dalam laporannya. 

Sesuai dengan arahan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, dijelaskan Oloan, Babel mendapat amanah untuk melaksanakan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat sebanyak 14.767 sertifikat siap diserahkan. 

Baca Juga: Jelang Nataru, Pemprov Bangka Belitung Gencarkan Operasi Pasar

"Sedangkan yang akan diserahkan pada kesempatan hari ini  sebanyak 500 sertifikat, terdiri dari 200 sertifikat di Kota Pangkalpinang, 150 sertifikat di Kabupaten Bangka dan 150 sertifikat di Kabupaten Bangka Tengah," paparnya. 

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Find N2 Flip Ponsel Lipat Foto Copy Galaxy Z Flip

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:39 WIB
X