Waspada Cuaca Ekstrem Melanda Babel, Ini Penjelasan BMKG

- Rabu, 30 November 2022 | 17:21 WIB
Nenden Wardani, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kantor Stasiun Metrologi Kelas I Pangkalpinang. (ist)
Nenden Wardani, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kantor Stasiun Metrologi Kelas I Pangkalpinang. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Cuaca buruk yang melanda wilayah Bangka Belitung dalam beberapa waktu terakhir sepertinya masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

Hal tersebut disampaikan oleh Nenden Wardani, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kantor Stasiun Metrologi Kelas I Pangkalpinang, Rabu 30 November 2022.

Ia menuturkan bahwa terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan kilatan petir beberapa waktu sebelumnya dikarenakan saat ini di Bangka Belitung telah memasuki musim penghujan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Bangka Belitung Hari Ini, Waspada Empat Daerah Bakal Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang

Selain itu, faktor adanya fenomena belokan angin diatas wilayah Bangka Belitung menjadi penyebab pembentukan awan hujan.

Kendati demikian, Nenden berujar bahwa dengan adanya cuaca seperti ini masih relatif aman untuk masyarakat yang menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Sekarang kan memang sedang musim hujan. Kalau cuaca secara global, indeks Nino yang sedang aktif adalah La Nina. Kemudian yang paling berpengaruh di wilayah Bangka Belitung adalah faktor angin," ungkap Nenden.

Menurutnya, adanya belokan angin tersebut dapat membentuk perlambatan kecepatan angin di wilayah Bangka Belitung yang berpotensi pembentukan awan hujan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Waspada Bangka Belitung Diguyur Hujan Deras dan Angin Kencang

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pilu Siswi SMP Diperkosa Teman Ayah Sendiri

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:42 WIB
X