Kolong Kepoh Meluap, BPBD Pangkalpinang Imbau Waspada Ancaman Buaya

- Rabu, 30 November 2022 | 17:14 WIB
Ilustrasi Buaya. Warga di sekitar Kolong Kepoh Pangkalpinang diminta untuk waspada dengan ancaman buaya lantaran meluapkan kolong tersebut. (ist)
Ilustrasi Buaya. Warga di sekitar Kolong Kepoh Pangkalpinang diminta untuk waspada dengan ancaman buaya lantaran meluapkan kolong tersebut. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Sebanyak 14 Rumah warga di sekitaran Kolong Kepoh, Kelurahan Bacang, Kota Pangkalpinang terendam banjir pada Senin 28 November 2022 malam.

Hujan dengan intensitas lebat dan disertai petir hampir di seluruh Pulau Bangka pada Senin lalu setidaknya membuat debit air di Kolong Kepoh naik hingga meluap dan merendam belasan rumah warga setinggi 15 Centimeter.

Walaupun air sempat masuk ke dalam rumah, tak selang beberapa lama kemudian, luapan air Kolong Kepoh tersebut berangsur-angsur surut dan tak menyebabkan warga mengungsi dari kediamannya.

Baca Juga: Hujan Deras, 14 Rumah di Pangkalpinang Terendam Banjir

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Kota Pangkalpinang, Renal Winanta menyampaikan jika naiknya debit air pada Kolong Kepoh hingga meluap diakibatkan adanya air kiriman dari daerah lain.

"Jadi meluap dikarenakan air kiriman dari Pangkalan Baru, Kolong Bravo dan sungai dekat Bolesa. Walaupun sempat banjir, tetapi luapan tersebut hanya 15 cm atau sebatas betis orang dewasa dan hanya berselang satu hingga dua jam kemudian surut," ungkap Renal, Selasa 29 November 2022.
Kendati banjir di pemukiman warga telah surut, Renal mengimbau kepada masyarakat

sekitar agar selalu tetap waspada mengingat pada kolong tersebut terdapat habitat daripada hewan buas, yakni buaya.

Baca Juga: Banjir Rob Ancam Kawasan Kampung Tanjung Laut, BPBD Babar Siagakan Personel

"Sejauh ini tidak ada yang mengungsi karena semalam naiknya 15 cm atau sebatas betis orang dewasa dan saat ini sudah surut. Hanya saja kami khawatir ada buaya yang naik, makanya kami tetap memonitor serta berkordinasi dengan pihak terkait akan hal ini," terang Renal.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pilu Siswi SMP Diperkosa Teman Ayah Sendiri

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:42 WIB
X