Maksimalkan Penambangan Laut, PT Timah Tbk Bakal Turunkan 1.500 Unit PIP

- Selasa, 22 November 2022 | 21:59 WIB
Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin. (agus babar)
Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin. (agus babar)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com – PT Timah Tbk bakal menurunkan 1.500 unit Ponton Isap Produksi (PIP) untuk melakukan penambangan di seluruh perairan Bangka Belitung yang masuk dalam kawasan IUP milik perusahaan plat merah tersebut.

Saat ini jumlah PIP yang diturunkan PT Timah Tbk baru sekitar 360 unit, yang tersebar di seluruh kawasan perairan yang masuk dalam IUP milik PT Timah Tbk.

Hal ini diungkapkan Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin saat dialog dan diskusi di Rumah Dinas Bupati Bangka Barat dalam rangka perayaan HUT Ke-22 Provinsi Bangka Belitung, Selasa 22 November 2022.

Ridwan Djamaluddin mengungkapkan ada rencana penambahan kapasitas Ponton Isap Produksi (PIP) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilakukan oleh PT Timah Tbk. Namun penambahan tersebut masih dalam kajian dan proses perizinan.

"Jadi silakan beraktivitas menambang juga, tapi jaga lingkungan dengan cara ikuti aturan,” kata Ridwan Djamaluddin.

Baca Juga: Warga Mengeluh Takut Menambang, Begini Jawaban Pj Gubernur Bangka Belitung

Dikatakan Ridwan Djamaluddin, penambahan kapasitas PIP dan lain-lainnya diizinkan selama sesuai dengan Amdal dan studi kelayakan serta bertanggung jawab untuk memulihkan lingkungan.

Terkait menahan diri untuk lapar saat ini dan nanti untuk kebahagiaan dikemudian hari. Ridwan Djamaluddin menjelaskan agar tidak menutup mata untuk peluang lain, seperti mendorong sektor UMKM untuk menggerakkan ekonomi salah satunya membuat kue, kripik, dan kemplang.

"Sebetulnya, begini kita tidak seolah-olah harus menutup mata dari peluang lain, kalau kita lapar tidak ada nasi ya kita coba makan ubi. Coba kita cari jalan bukan satu-satunya jalan pertambangan. Bagus silakan saja kalau memang kemampuan budaya kita disitu silahkan. Tapi kalau kapasitas itu sudah melampaui akan merusak jadi tolong disadari mencari peluang lain," tukasnya.(*)

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Timah Tbk Berikan Biaya Pengobatan untuk Cindy

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:19 WIB
X