Pelajar SDN 1 Riausilip Belajar Sejarah Pertimahan di Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

- Minggu, 20 November 2022 | 14:14 WIB
Kunjungan pelajar SDN 1 Riausilip Bangka ke Museum Timah Indonesia Pangkalpinang. Para pelajar ini mempelajari sejarah pertimahan di museum tersebut. (ist)
Kunjungan pelajar SDN 1 Riausilip Bangka ke Museum Timah Indonesia Pangkalpinang. Para pelajar ini mempelajari sejarah pertimahan di museum tersebut. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Museum Timah Indonesia (MTI) Kota Pangkalpinang menjadi salah satu destinasi wisata bagi yang berkunjung ke Pulau Bangka.

Sebagai destinasi wisata sejarah, MTI Pangkalpinang tidak hanya dikunjungi wisatawan tapi juga para pelajar. Seperti yang dilakukan pelajar dari SD Negeri 01 Riau Silip yang mengunjungi MTI Pangkalpinang, Sabtu 19 November 2022.

Kepala SDN 1 Riausilip, Idris menyampaikan, kunjungan ke Museum Timah ini sebagai wahana pembelajaran para siswa untuk mengenalkan kekayaan alam yang ada di Bangka Belitung.

Baca Juga: Ringankan Biaya Pengobatan Warga Bangka Selatan, PT Timah Tbk Serahkan Bantuan untuk Dini

"Kunjungan ini sebagai sarana belajar di luar sekolah serta untuk menyesuaikan kurikulum baru salah satunya tentang Penguatan Pancasila dan menambah wawasan bagi siswa siswi untuk mengetahui sejarah tentang penambangan Timah di Indonesia," katanya.

Diakuinya, tidak semua siswa-siswi mengetahui tentang Timah yang berasal dari Pulau Bangka,  untuk itu melalui kunjungan ini para sekolah mengajak para siswa untuk mengenal sejarah timah di Bangka Belitung.

Idris menjelaskan, di MTI Pangkalpinang para siswa bisa mengenal beragam peralatan untuk untuk penggalian timah dari waktu ke waktu. Selain itu, siswa juga melihat berbagai macam alat penambangan timah dari masa ke masa.

Baca Juga: Peringati HUT Ke 3 Kelurahan Krangggan, PT Timah Berikan Beras Bagi Para Pendonor

"Di sini para siswa siswi diberikan pemahaman apa itu Kapal Keruk ( KK), apa itu Kapal Isap Produksi ( KIP) dan bagaimana cara kerjanya dan lain-lain, sehingga diharapkan anak-anak dari pulau Bangka ini dapat mengenal sejarah Timah yang hingga saat ini masih terus ditambang," ujarnya.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X