Kades Terpilih Tak Boleh Sembarangan Ganti Perangkat Desa

- Sabtu, 19 November 2022 | 06:10 WIB
Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa, Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Kabupaten Bangka Barat, Idza Fajri. (agus babar)
Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa, Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Kabupaten Bangka Barat, Idza Fajri. (agus babar)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com – Bagi Calon Kepala Desa (Cakades) yang terpilih di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Bangka Barat pada Rabu 26 Oktober 2022 lalu, tidak boleh mengganti perangkat desa sembarangan.

Pergantian perangkat desa harus berdasarkan ketentuan yang sudah diatur di Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2021 tentang perangkat.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa, Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Kabupaten Bangka Barat, Idza Fajri, juga menegaskan calon kepala desa terpilih di Pilkades serentak kemarin itu tidak boleh sembarang menggantikan perangkat desanya.

Baca Juga: Meriahkan HUT Ke-22 Babel, Cabdin ESDM Bangka Barat Gelar Berbagai Lomba

Oleh karena itu, kata Idza Fajri Jika ditemukan, kepala desa baru mengganti perangkat desa tersebut akan dikenakan sanksi dari kepala daerah setempat. Maka dari itu, kepala desa yang telah terpilih tidak boleh sembarang menggantikan perangkat desanya

"Tidak boleh sembarang menggantikan perangkat desa kecuali meninggal, terkena hukum tetap, mengundurkan diri dan sudah berusia 60 tahun. Sudah diatur di Perda. Sanksinya, mulai teguran sampai yang paling diberhentikan jadi kepala desa oleh Bupati," terang Idza Fajri, Jumat 18 November 2022.

Idza Fajri juga menjelaskan perangkat desa ini seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) hanya boleh dirolling saja, tidak boleh sembarang menggantikan perangkat desanya.

Baca Juga: Miliki 26 Ribu Koleksi Buku, Perpusda Bangka Barat Masih Butuh Koleksi Buku Ilmiah

"Tidak bisa semena-mena seperti ASN hanya bisa dirolling saja. Misal dia kasi digeser ke kaur," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Timah Tbk Berikan Biaya Pengobatan untuk Cindy

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:19 WIB
X