Miliki 26 Ribu Koleksi Buku, Perpusda Bangka Barat Masih Butuh Koleksi Buku Ilmiah

- Selasa, 15 November 2022 | 16:38 WIB
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat, Farouk Yohansyah. (agus babar)
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat, Farouk Yohansyah. (agus babar)

BANGKA BARAT, www.wowbabel.com – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka Barat, memiliki koleksi buku sebanyak 26.000 ribu. Namun untuk buku ilmiah masih terbatas, lantaran masih mengharapkan hibah dari universitas yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tak hanya ada koleksi buku, Perpusda Bangka Barat ini juga terdapat beberapa fasilitas lainnya seperti ruang baca, ruang pertemuan, ruang workshop atau ruang pameran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Ada 26 ribu, tapi kita juga meminjamkan di berbagai perpusatakaan desa, sekolah dan komunitas, seperti ada juga di Lapas dan Panti Asuhan. Untuk naskah kuno kita baru dapat 13 dan arsip sejarah juga sedang mengurus juga, jadi baru dapat 20 set," terang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat, Farouk Yohansyah, Selasa 15 November 2022.

Baca Juga: Sukirman Resmikan Perpusda Bangka Barat Senilai Rp 10 Miliar

Kemudian, Farouk mengungkapkan untuk koleksi buku ilmiah di perpustakaan daerah ini masih terbatas lantaran dalam tahapan proses pengolahan.

"Ya, (buku) ilmiah kita satu bulan ini baru bekerjasama dengan Polman, UBB, Universitas Muhammadiyah, Pertiba, jurnal-jurnal di sana untuk dihibahkan ke sini. Cuma belum dapat ditampilkan karena masih pengolahan. Kalau koleksi buku ilmiah jumlahnya tidak sampai 1.000 buku, " tuturnya.

Lebih lanjut, kata Farouk untuk pengecekan buku yang ada di Perpusda Bangka Barat ini sudah bisa secara online melalui aplikasi inlis dan akan terdeteksi.

"Ya, kita sekarang sudah online bukunya, tetapi kita masih proses ke Perpusnas melalui aplikasi inlis tinggal tunggu aprove dari Perpusnas. Nanti buku juga akan terdeteksi secara nasional. Ketika orang mau membutuhkan apa sudah terlihat di mana buku itu diletakkan," ungkapnya.

Terpisah, Vita (38) salah satu warga yang hadir dalam peresmian Perpusda Bangka Barat berharap dengan adanya perpustakaan daerah ini dapat meningkatkan minat baca bagai masyarakat Bangka Barat.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Find N2 Flip Ponsel Lipat Foto Copy Galaxy Z Flip

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:39 WIB
X