Dirut PT Timah Tbk Terima Gelar Adat Dato' Wangka Setia Alam dari Kesultanan Palembang

- Kamis, 10 November 2022 | 14:30 WIB
Direktur Utama PT Timah Tbk, Achmad Ardianto menerima gelar adat melayu sebagai Dato' Wangka Setia Alam. Gelar ini diberikan oleh Kesultanan Palembang Darussalam melalui Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI). (ist)
Direktur Utama PT Timah Tbk, Achmad Ardianto menerima gelar adat melayu sebagai Dato' Wangka Setia Alam. Gelar ini diberikan oleh Kesultanan Palembang Darussalam melalui Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI). (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Direktur Utama PT Timah Tbk, Achmad Ardianto menerima gelar adat melayu sebagai Dato' Wangka Setia Alam. Gelar ini diberikan oleh Kesultanan Palembang Darussalam melalui Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI). 

Penyerahan gelar adat ini dilaksanakan berbarengan dengan pelantikan Pengurus Wilayah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2022 - 2026 di Gedung Mahligai, Komplek Kantor Gubernur Babel, Rabu 9 November 2022.

Gelar ini diberikan karena Achmad Ardianto dinilai sebagai salah satu pimpinan perusahaan yang peduli akan adat dan budaya Bangka Belitung. 

Baca Juga: Dirut PT Timah Tbk Kenalkan Program PUMK di Hadapan Ratusan Mahasiswa

Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022 - 2026, Dato' Marwan Al Jafar menjelaskan gelar Wangka Setia Alam memiliki makna seperti Wanka yang bermakna timah, Setya berarti setia dan Alam berarti lingkungan. 

"Walaupun yang kita ketahui PT Timah mengambil timah dan mengeksploitasi timah, tetapi tetap memperhatikan lingkungan itu tetap lestari," katanya. 

Ia mengatakan, pemberian gelar ini dikhususkan kepada Achmad Ardianto karena sebagai pemimpin perusahaan yang sangat memperhatikan budaya. 

"Ini adalah contoh bagi pimpinan-pimpinan perusahaan yang lain agar cinta terhadap lingkungan. Walaupun telah mengambil kekayaan alam, tapi juga cinta kepada budaya serta masyarakat, sehingga ini menjadi suatu point luar biasa yang kami nilai dari sudut kebudayaan," ucapnya. 

Baca Juga: Bersama Koperasi Bahari Permai Lestari, PT Timah Tenggelamkan Rumpon di Perairan Teluk Limau Bangka Barat

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pilu Siswi SMP Diperkosa Teman Ayah Sendiri

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:42 WIB
X