Ridwan Djamaluddin Sedih, Minat Masyarakat Babel untuk Sekolah dan Kuliah Masih Rendah

- Rabu, 9 November 2022 | 11:55 WIB
Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengaku sedih banyak anak Babel yang tak melanjutkan pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi.
Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengaku sedih banyak anak Babel yang tak melanjutkan pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi.

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com -- Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengaku sedih banyak anak Babel yang tak melanjutkan pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi

Ia menyebutkan, Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi baru mencapai 15,23 persen pada tahun 2021. Hal ini bahkan terendah se Indonesia. 

"Saya sedih, kemarin Pak Rektor UBB menyampaikan angka partisipasi kasar perguruan tinggi itu 15,23 persen. Artinya generasi muda usia 19-23 yang menempuh pendidikan tinggi di Babel angkanya masih rendah dan ini terendah secara nasional," kata Ridwan Djamaluddin saat menghadiri acara Seminar Transformasi Digital dan Peluncuran Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat di Graha Timah, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: Bupati Belitung Timur Ajak Sandy Kembali ke Bangku Sekolah

Ridwan menyebutkan, meski banyak anak di Bangka Belitung yang melanjutkan ke perguruan tinggi di luar Bangka Belitung. Namun belum cukup menggembirakan. 

"Walaupun kita bisa mengatakan, banyak anak muda di babel banyak yang masuk ke perguruan tinggi di luar Babel. Kalau kita kalikan dua saja masih 30 persen. Baru menyentuh angka rata-rata nasional," ucapnya. 

Kondisi ini, kata dia harus disikapi bersama dan dicarikan solusinya agar bisa diperbaiki. Karena menurutnya, kuliah bukan hanya sekadar mendapatkan gelar tapi proses interaksi.

Baca Juga: Kapolri Tegaskan Tidak Ada Setoran ke Atasan untuk Sekolah dan Naik Jabatan di Tubuh Polri

Dalam kesempatan ini, Ridwan juga mengatakan masa belajar di Babel baru sekitar 8 tahun dari target masa sekolah 12 tahun. 

"Saya baru dapat dari Dinas Pendidikan bahwa masa belajar di Babel baru 8,02 tahun. Sementara target nasional 12 tahun. Artinya minat atau kesempatan mengikuti pendidikan masih rendah. Itu tugas kita bersama," ucapnya. 

Halaman:

Editor: Kris Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Find N2 Flip Ponsel Lipat Foto Copy Galaxy Z Flip

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:39 WIB
X