Perlancar Distribusi Logistik, Ridwan Djamaluddin Ingin Pelabuhan di Babel Bisa Efektif dan Efisien

- Selasa, 8 November 2022 | 16:21 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menginginkan pelabuhan yang ada di Babel dapat beroperasi dengan efektif dan efisien untuk memperlancar distribusi logistik.  (IST)
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menginginkan pelabuhan yang ada di Babel dapat beroperasi dengan efektif dan efisien untuk memperlancar distribusi logistik. (IST)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com — Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin menginginkan pelabuhan yang ada di Babel dapat beroperasi dengan efektif dan efisien untuk memperlancar distribusi logistik

Hal ini disampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi dengan Stakeholders Terkait Peningkatan Pelayanan Pelabuhan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Kep. Babel, Senin (7/11/2022).

Sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Pelabuhan Tanjung Ular, keberadaan pelabuhan ini dikatakannya dapat memperlancar mobilitas komoditas yang dihasilkan oleh Kep. Bangka Belitung sekaligus meningkatkan daya saing wilayah Bumi Serumpun Sebalai.

Baca Juga: Pemkab Bangka Barat Belum Bangun Pemecah Ombak di Pelabuhan Tanjung Ular, Ini Alasannya

"Kita jaga agar pelabuhan ini dapat lebih produktif, jangan sampai ada permainan di lapangan yang dapat menghambat distribusi logistik. Misalnya, ketika hari besar tertentu seperti lebaran, biasanya antrian panjang. Apa yang bisa kita lakukan agar bisa memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat," ujarnya. 

Pj. Gubernur Ridwan juga berharap agar semua pihak bisa mengupayakan dwelling time (waktu yang dihitung petikemas mulai dibongkar dan diangkat dari kapal sampai petikemas tersebut meninggalkan terminal) dapat diupayakan lebih baik lagi.

Selain itu, untuk mendongkrak kunjungan wisata ke Kep. Babel khususnya Belitung â€¨dirinya berharap agar pelabuhan yang ada di daerah tersebut juga dapat dimaksimalkan untuk mendukung pariwisata. 

Baca Juga: Pemkab Bangka Barat Ingin Pelabuhan Tanjung Ular Dikelola BUMD

"Bagaimana menyiapkan Belitung sebagai destinasi wisata, kalau dulu menyasar kapal cruise, tapi sekarang kalau bisa menyasar kapal wisata yang kecil," jelasnya. 

Pada rapat tersebut, Kasubdit Sarana dan Prasarana TSFP Ditjen Perhubungan Darat Benny Nurdin Yusuf juga mengemukakan beberapa kendala terutama terkait pengoperasian pelabuhan Tanjung Nyato di Kabupaten Belitung di antaranya:

Halaman:

Editor: Kris Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Find N2 Flip Ponsel Lipat Foto Copy Galaxy Z Flip

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:39 WIB
X