Ini Struktur RAPBD Pangkalpinang Tahun 2023, Molen Targetkan Pendapatan Daerah Rp Rp 711,59 M

- Senin, 3 Oktober 2022 | 19:03 WIB
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. (Ginta Wow)
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. (Ginta Wow)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Wali Kota Pangkalpinang, Maulana Aklil menyampaikan Nota Keuangan dan Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) tentang APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2023 Kota Pangkalpinang di Sidang Paripurna Ketiga masa Persidangan I Tahun 2022 di Gedung DPRD Kota Pangkalpinang, Senin 3 Oktober 2022.

Maulana Aklil atau kerap disapa Molen menuturkan penyampaian Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD 2023 menindaklanjuti dari Nota Kesepakatan Kebijakan Umum dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD 2023 yang sudah disepakati bersama tanggal 22 Agustus 2022 lalu.

Lebih lanjut ia memaparkan, rancangan APBD yang disampaikan pada hari ini juga menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang dalam memenuhi amanat dan aspirasi masyarakat sesuai dengan visi dan misi kepala daerah serta rencana strategis daerah.

Menurutnya pada tahun 2023 nanti, Kota Pangkalpinang masih dihadapkan akan risiko gejolak ekonomi global yang masih tinggi, serta berpotensi mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi domestik dalam jangka pendeknya.

"Kenaikan laju inflasi dan eskalasi harga harga komoditas pokok dan adanya kenaikan bahan bakar minyak harus diwaspadai," ujarnya

Ia harap APBD 2023 Kota Pangkalpinang ini dapat mendorong pemulihan ekonomi dan berperan lebih dalam melindungi masyarakat. Selain itu juga mampu menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi untuk terus tumbuh secara optimal dan berkelanjutan.

"APBD Tahun 2023 ini juga harus mampu membangkitkan optimisme dan mendukung pencapaian target pembangunan dengan tetap antisipatif dan responsif terhadap berbagai kemungkinan yang sangat dinamis termasuk laju inflasi yang tinggi," timpalnya.

Selain itu, pendapatan daerah yang ditargetkan dalam Rancangan APBD 2023 merupakan perkiraan yang terukur secara rasional dan memiliki kepastian dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang undangan.

Baca Juga: Mau Jadi Smart City, Pemkot Pangkalpinang Tantadangi Komitmen dengan Kemenkominfo

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X