Harga BBM Naik, Tarif Tiket PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Ikut Naik

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:07 WIB
General Manager PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir.  (Agus Babar)
General Manager PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir. (Agus Babar)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Tarif tiket penyebrangan kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung rute Pelabuhan Tanjung Api-api, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan per satu Oktober 2022 dini hari mengalami kenaikan.

Kenaikan harga tarif tiket tersebut, tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI) KM 184/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Perhubungan No KM 172/2022 Tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi.

Mengenai kenaikan tarif tikat tersebut, General Manager PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir menyampaikan untuk kenaikan tarif tiket ini rata-rata sebesar 9,5 persen.

Kemudian, kata Christopher Samosir diketahui kenaikan tiket itu terjadi pada tarif penumpang dewasa maupun tarif untuk kendaraan bermotor.

Baca Juga: Hari Ini Pembayaran Non Tunai Diterapkan di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok

"Berdasarkan keputusan menteri ada 52 lintasan yang ada penyesuaian tarif penyeberangan, salah satunya lintasan penyebrangan Tanjung Kalian-Tanjung Api-api. Rata-rata kenaikan 9,5 persen ini udah kita sosialisasi sejak tanggal 29 September kemarin,"ungkap Christopher Samosir, Sabtu1 Oktober 2022.

Diketahui, untuk kenaikan tarif penyebrangan kapal ini bermula dari kenaikan bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu 3 September 2022 lalu.C

Christopher menjelaskan ini menyesuaikan dengan meningkatnya biaya operasional penyeberangan kapal dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) tersebut.

"Indikasi adanya kenaikan biaya produksi terutama di bahan bakar. Dalam perjalanannya setelah melakukan diskusi dengan asosiasi, pihak penyebrangan, dan Kemenhub, bahwa keputusan menteri 184/2022 merupakan hasil akhir terjadi penyesuaian tarif," tutur Christopher.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X