Pemerintah Daerah di Bangka Belitung Masih Bisa Dapatkan Dana Insentif 

- Rabu, 28 September 2022 | 16:04 WIB
Dana Insentif Daerah
Dana Insentif Daerah

BANGKA BELITUNG, wowbabel.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah merilis daftar pemerintah daerah yang menerima insentif atas penilaian kinerja periode pertama dalam mendukung langkah pemerintah untuk memulihan perekonomian sebagai akibat pandemi covid19 dan kenaikan harga BBM.

Ketetapan daerah penerima insentif berdasarkan penilaian kinerja dari kementerian dan lembaga yang berwewenang menilai tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 140/PMK.07/2022. 

Seluruh Pemerintah Daerah memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan dana insentif daerah periode kedua dengan total dana yang disiapkan Kementerian Keuangan sebesar 1,5 Triliyun.

Penilaian atas kinerja pemerintah daerah Periode Kedua akan diatur lebih lanjut dengan Peraturan Menteri Keuangan tersendiri.

Sebagai informasi lebih lanjut dalam surat resmi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Nomor 159/PK/2022 menyebutkan Pengokasian Dana Insentif atas kinerja tahun berjalan periode pertama akan didasarkan pada kinerja daerah dibidang percepatan belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN), Pelaksanaan Vaksinasi Covid19, serta Dukungan Perekonomian dan Penurunan Stunting.

Kemudian dalam surat tersebut menyebutkan kinerja daerah yang digunakan tersebut ditujukan untuk mendukung prioritas nasional sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah  (RKP) Tahun 2022 antara lain Penguatan Ketahanan Ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan serta peningkatan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing.

Sebelumnya diinformasikan hanya 3 Pemerintah Daerah Di Babel yang mendapatkan penghargaan berupa Insentif karena top score tertinggi di wilayah Bangka Belitung dalam penilaian yang dilakukan oleh Kementerian dan Lembaga yang berwewenang.

Pemerintah Daerah lainnya di Bangka Belitung memiliki kesempatan yang sama untuk dapat meraih insentif tersebut bila penilaian atas kinerja tertentu pada bidang yang  menjadi indikator penilaain meraih nilai tertinggi.

Insentif ini relatif besar kontribusinya untuk mendanai belanja daerah ditengah kemampuan keuangan pemerintah daerah Se Bangka Belitung rendah.

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Pilu Siswi SMP Diperkosa Teman Ayah Sendiri

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:42 WIB
X