• Senin, 3 Oktober 2022

Iriana Jokowi: Tenun Cual Bagus dan Keren

- Kamis, 22 September 2022 | 09:21 WIB
Tenun cual Bangka Belitung yang dikunjungi istri Presiden RI, Iriana Jokowi.  (ist)
Tenun cual Bangka Belitung yang dikunjungi istri Presiden RI, Iriana Jokowi. (ist)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Setelah vakum selama 2 tahun, Pameran Kriyanusa kembali digelar dengan mengangkat tema "Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing" dengan tagline "Cinta Kriya dan Bangga Buatan Indonesia." 

Pameran yang dapat dihadiri secara langsung dan gratis untuk masyarakat umum ini, berlangsung selama 5 hari pada 21-25 September 2022, yang berlokasi di Hall A Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC). 

Bertujuan untuk membantu pemasaran produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan di seluruh wilayah Indonesia, pada Pameran Kriyanusa ini Stan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang difasilitasi oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bangka Belitung menampilkan demonstrasi pembuatan tenun cual secara langsung di lokasi pameran.

Baca Juga: Ridwan Djamaluddin Kepincut Diorama Keramik Buatan Dahlan

Demonstrasi ini disaksikan Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin, yang didampingi oleh Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Bangka Belitung, Sri Utami Ridwan Djamaluddin.

"Tenun cual bagus, keren. Saya berharap agar tenun cual dapat terus dilestarikan dan dikembangkan," ujar Iriana Joko Widodo (Jokowi) pada saat mengunjungi Stan Provinsi Bangka Belitung, Rabu 21 September 2022.

Iriana juga mengapresiasi dan menyemangati UMKM untuk terus berkembang dan melestarikan produk UMKM yg merupakan local wisdom (produk karakteristik khas daerah)

Keindahan tenun cual ini, memiliki potensi pasar yang luas bahkan sampai diekspor ke luar negeri. Untuk itu, sesuai dengan harapan dari Istri Orang Nomor Satu di Indonesia tersebut, memang sangat diperlukan upaya untuk melestarikan dan mengembangkannya, terutama dalam hal regenerasi penenun.

Dekranasda Babel yang bersinergi dengan BI Perwakilan Babel menghadirkan 4 UMKM Tenun Cual dan Batik dari Babel. Di antaranya Rumah Budaya Kabong (Kabupaten Belitung), Batik DMahen (Kabupaten Belitung), Ng’Ruit (Kota Pangkalpinang) dan Tenun Cual Magdalena (Kabupaten Bangka Barat).

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Ibu-ibu Dapatkan Bimtek Pemulasaran Jenazah

Jumat, 30 September 2022 | 18:53 WIB
X