• Senin, 3 Oktober 2022

Ridwan Djamaluddin Kepincut Diorama Keramik Buatan Dahlan

- Kamis, 22 September 2022 | 09:06 WIB
Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin.  (ist)
Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dikenal kaya akan sumber daya alam (SDA), yang tidak hanya di laut, tetapi juga di darat salah satunya  kualitas kandungan material tanah liat yang luar biasa. Kondisi ini mampu dimanfaatkan oleh Darlan, pengrajin asal Belitung. Dengan keahliannya, tanah liat berbuah ladang pendapatan.

Bisnis yang ia geluti diberi nama Bica Ceramic, dengan rumah industri di Desa Batu Itam, Tanjungpandan. Dari bahan baku tersebut, Darlan telah banyak menghasilkan suvenir keramik dengan beragam ukuran, dan bentuk yang indah.

Kepiawaian Darlan dalam mengolah tanah menjadi nilai seni ini, menarik minat Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin. Bersama Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, ia mengunjungi rumah industri gerabah atau keramik, Rabu 21 September 2022.

Baca Juga: Pemprov Bangka Belitung Sepakat Memanfaatkan FABA untuk Backfilling

Di lokasi, hasil-hasil kerajinan dari para pengrajin dipamerkan. Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin kagum dengan hasil-hasil tangan pelaku usaha kreatif ini. Satu produk yang membuatnya kepincut, yakni diorama kue kroket yang sepintas mata sangat mirip dengan aslinya.

Ada pula diorama keindahan pantai Tanjung Tinggi dengan high angle vie, Kemudian, yang juga sangat menarik ialah diorama pusat Kota Tanjungpandan, yakni bundaran Batu Satam lengkap dengan bangunan-bangunan di sekitarnya.

"Kerajinan berbahan baku lokal ini bagus, menampilkan tempat-tempat menarik di seputaran Belitung, juga oleh seniman-seniman lokal," ujar  Ridwan Djamaluddin disela-sela kunjungan.

Ketika masyarakat sudah menunjukkan kreativitas, sudah sewajarnya dikatakan Ridwan Djamaluddin, pemerintah turut berperan dalam menunjang usaha masyarakatnya. Dukungan berupa promosi, pemasaran, perlu dilakukan, sehingga peningkatan perekonomian dirasakan para pelaku usaha.

Baca Juga: Belanja Pegawai Pemprov Bangka Belitung Tembus 41 Persen

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Ibu-ibu Dapatkan Bimtek Pemulasaran Jenazah

Jumat, 30 September 2022 | 18:53 WIB
X