• Senin, 3 Oktober 2022

Rayakan Rebo Kasan, Warga Air Nyatoh Lepas 320 Ribu Bala

- Rabu, 21 September 2022 | 17:06 WIB
Prosesi Perayaan Rebo Kasan di Desa Air Nyatoh Kecamatan Muntok, Bangka Barat.  (Agus Babar)
Prosesi Perayaan Rebo Kasan di Desa Air Nyatoh Kecamatan Muntok, Bangka Barat. (Agus Babar)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com -- Perayaan Tradisi Rebo Kasan di Desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dihadiri ratusan masyarakat pesisir pada Rabu 21 September 2022.

Ratusan masyarakat ini sudah datang sejak pagi di Pantai Ketapang yang merupakan salah satu pantai di desa setempat.

Kegiatan tradisi tersebut tidak hanya dihadiri warga sekitar, namun juga para tokoh agama, tokoh adat, Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Muhammad Ali, serta tamu undangan lainnya turut hadir di acara tersebut.

Baca Juga: Kabupaten Bangka Barat Jadi Daerah Peredaran Narkoba Tertinggi ke Dua di Bangka Belitung

Para tokoh adat, agama dan pejabat Pemkab Bangka Barat yang hadir dalam acara tradisi tersebut mengenakan pakaian adat Kabupaten Bangka Barat

Januari (25) salah satu masyarakat setempat, mengungkapkan tradisi Rebo Kasan ini merupakan ritual tolak bala (tolak musibah-read) bagi masyarakat nelayan supaya saat melaut dijauhkan dari segala bentuk marabahaya. 

"Tradisi Rebo Kasan ini dilaksanakan di setiap akhir Rabu Bulan Safar (dalam hitungan Kalender Hijriyah-read). Tradisi ini juga dimulai dengan tarian adat setempat hingga prosesi menarik ketupat lepas atau menarik ketupat bala sebagai puncak tradisi," tutur Januari, Rabu 21 September 2022.

Menurut Januari ada 320.000 bala yang ada di sini (pantai-read), dimana bala itu digambarkan ada di dalam ketupat. Setelah itu, ketupat yang ada di bala tadi langsung direndam dengan air dan telah dirajah (dijampi) oleh tetua adat di sini.

Baca Juga: Sebanyak 7.333 Penerima BLT BBM Subsidi di Bangka Barat Mulai Terima Bansos, Disalurkan Lewat Kantor Pos

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Ibu-ibu Dapatkan Bimtek Pemulasaran Jenazah

Jumat, 30 September 2022 | 18:53 WIB
X