• Senin, 3 Oktober 2022

Ini Tiga Pemda di Babel Berkinerja Baik Dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi

- Rabu, 21 September 2022 | 16:28 WIB
ilustrasi pembagian dana
ilustrasi pembagian dana

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com -  Pemerintah Melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah Berkinerja Baik Dalam Mendukung Percepatan Pelaksanaan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pemerintah memberikan penghargaan kepada pemda dengan mengalokasikan DID atas penilaian kinerja tahun berjalan sebesar Rp1,5 Triliun di periode pertama untuk pemda yang berkinerja baik.

Penghitungan alokasi DID Kinerja Tahun Berjalan periode pertama dihitung berdasarkan kinerja daerah dengan kategori penggunaan Produk Dalam Negeri dan UMK; percepatan belanja daerah; percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19; dukungan belanja daerah terhadap penurunan tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan stunting; dan penurunan inflasi daerah di bidang penggunaan PDN, penurunan inflasi daerah.

"Jumlah Pemerintah Daerah yang berkinerja baik periode pertama dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional sejumlah 125 Daerah," ujar Astera dalam media briefing di Kantor Kemenkeu, Jakarta

Tiga Pemerintah Daerah di Bangka Belitung termasuk dari 125 daerah dg berkinerja baik dalam mendukung percepatan pemuliham ekonomi nasional.

Tiga Pemda tersebut yaitu  Pemerintah Provinsi Babel menerima insentif sebesar Rp. 28.8 Milyar, Pemerintah Kabupaten Belitung menerima insentif sebesar Rp. 19,7 Milyar, dan terakhir Pemerintah Kota Pangkalpinang sebesar Rp.  10,5 Milyar. Dana tersebut paling cepat disalurkan bulan september.

Dana insentif tersebut diperuntukan untuk mendukung percepatan  pemulihan ekonomi daerah, antara lain melalui perlindungan nasional seperti bansos, dukungan dunia usaha terutama UMKM, dan/atau diperuntukan untuk penurunan tingkat inflansi di daerah.

Peruntukan dana tersebut juga memperhatikan pengarustamaan gender, pemberdayaan perempuan, serta penyandang disabilitas dan dana insentif ini dilarang untuk bayar gaji, tambahan penghasilan, honorarium dan perjalanan dinas. 

Terkait Mekanisme Dana insentif Daerah Tahun Berjalan Periode Pertama telah diatur sepenuhnya dalam PMK 140/PMK.07/2022.

Halaman:

Editor: Robby Wow

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Ibu-ibu Dapatkan Bimtek Pemulasaran Jenazah

Jumat, 30 September 2022 | 18:53 WIB
X