• Senin, 3 Oktober 2022

Dinas ESDM Bangka Belitung Sebut Tak Ada WPR di Babel, Jika Mau Bentuk WPR Harus Ada Rekomendasi Bupati

- Selasa, 20 September 2022 | 16:44 WIB
Kepala Dinas ESDM Babel Amir Syahbana menyebutkan Babel tidak memiliki WPR, untuk membentuk WPR harus memiliki rekomendasi Bupati (firman wow)
Kepala Dinas ESDM Babel Amir Syahbana menyebutkan Babel tidak memiliki WPR, untuk membentuk WPR harus memiliki rekomendasi Bupati (firman wow)

 

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) memastikan akan tetap mengusulkan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR), seperti yang diinginkan oleh masyarakat penambang di Babel.

Namun pengusulan Wilayah Pertambangan Rakyat tersebut, harus perlu melampirkan persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan.

Salah satunya persyaratan dan lampiran yang perlu dilakukan ada rekomendasi Bupati di Kabupaten masing-masing daerah Provinsi Babel.

Baca Juga: Menteri ESDM Respon Bambang Patijaya, Royalti Timah Direvisi Kembali

Menurut Kepala Dinas ESDM Babel Amir Syahbana mengatakan, wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) ini telah diusulkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov-Babel) pada 2020, namun belum dikabulkan oleh Menteri ESDM lewat surat tanggapan yang disampaikan pada 29 Juli 2020.

Dikatakan Amir, hingga akhirnya terbit Keputusan Menteri ESDM RI pada 21 April 2022 Nomor: 116.K/MB.01/MEM.B/2022 tentang Wilayah Pertambangan (WP) Babel.

"Pada Kepmen dimaksud, WP di Babel tidak ada WPR," kata Amir Syabana, Selasa 20 September 2022.

Ditambahkannya, Dalam diktum kesatu, jelas Amir, WP di Babel ditetapkan dalam Kepmen ESDM tersebut hanya terdiri atas Wilayah Usaha Pertambangan, Wilayah Pencadangan Negara dan Wilayah Usaha Pertambanhan Khusus.

"Akan tetapi bisa diubah peruntukannya menjadi WPR dengan memperhatikan kriteria dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Kris Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Ibu-ibu Dapatkan Bimtek Pemulasaran Jenazah

Jumat, 30 September 2022 | 18:53 WIB
X