• Senin, 3 Oktober 2022

Antisipasi Penanganan Kebakaran, Satpol PP Bangka Barat Bakal Bentuk Relawan Belakar

- Selasa, 20 September 2022 | 15:57 WIB
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Bangka Barat memberikan edukasi terkait pencegahan terjadinya kebakaran dan  penanganan kebakaran, Selasa (20/9/2022) di Gedung Aparatur Pemkab Bangka Barat (Agus wow)
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Bangka Barat memberikan edukasi terkait pencegahan terjadinya kebakaran dan penanganan kebakaran, Selasa (20/9/2022) di Gedung Aparatur Pemkab Bangka Barat (Agus wow)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Bangka Barat memberikan edukasi terkait pencegahan terjadinya kebakaran dan  penanganan kebakaran, Selasa (20/9/2022) di Gedung Aparatur Pemkab Bangka Barat

Kegiatan ini diikuti Kepala Desa dan masyarakat perwakilan desa yang ada di enam Kecamatan di Kabupaten Bangka Barat

Kedepan, Satpol PP dan Damkar Bangka Barat akan membentuk tim relawan Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) yang nantinya disebar di setiap desa di Bangka Barat.

Baca Juga: Pemkab Bangka Barat Bagi Hadiah Lomba Pawai Baris Berbaris dan Karnaval Saat Peringatan Sumpah Pemuda

"Ini wujud dari pemberdayaan masyarakat untuk upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran. Adapun kedudukan dan fungsinya Balakar ini ada dibawah kasi trantib Kecamatan, binaannya tetap di kita," Ujar Kasat Pol PP dan Damkar Bangka Barat, Sidharta Gautama.

Lebih lanjut, Sidharta menyebutkan setelah memberikan edukasi ini pihalnya juga bakal memberikan simulasi mengenai penanggulangan kebakaran. Hal tersebut seperti cara menggunakan alat pemadam seperti fire hydrant dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"Kalau relawan sudah dibentuk di setiap desa, sudah full di setiap kecamatan. Nanti tim kami dari Bidang Dankar langsung turun memberikan sosialisasi dan simulasi ke tiap-tiap kecamatannya," sebutnya.

Dikatakan, Sidharta dalam pembentukan tim relawan kebakaran ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Baca Juga: Camat Pangkalanbaru Tinjau Lokasi Kebakaran SDN 8 di Air Mesu Timur

"Presiden Jokowi sudah menginstruksikan setiap daerah memperkuat kapasitas mencegah kebakaran hutan dan lahan. Karena kita ini setiap kemarau kita ini pengekspor asap ke negara tetangga terutama Sumatera dan Kalimantan. Nanti relawan ini memberikan edukasi ke masyarakat yang memiliki budaya membuka lahan dengan membakar nanti dibekali," katanya.

Halaman:

Editor: Kris Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Ibu-ibu Dapatkan Bimtek Pemulasaran Jenazah

Jumat, 30 September 2022 | 18:53 WIB
X