• Senin, 3 Oktober 2022

Bangga Berbahasa Indonesia

- Senin, 19 September 2022 | 16:15 WIB
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

Opini

Oleh: Irma Agustiana, Guru SMPN 3 Pemali

Indonesia merupakan negara majemuk yang mempunyai banyak bahasa daerah. Daerah yang satu dengan daerah yang lain memiliki bahasa daerah yang berbeda. Setiap daerah memiliki kekhasan bahasa masing-masing yang membedakannya dengan daerah lainnya.
Namun apabila penduduk suatu daerah bertemu dengan penduduk daerah lain bagaimana mereka berkomunikasi? Misalnya orang jawa bertemu dengan orang medan, apabila mereka berbicara dengan bahasa daerah masing-masing, maka komunikasi tidak akan berjalan dengan baik.

Sebagai warga negara Indonesia, yang bangga terhadap bangsanya, persoalan diatas tidak perlu dikhawatirkan. Karena Indonesia memiliki bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia tidak hanya berkedudukan sebagai bahasa nasional, tetapi sekaligus sebagai bahasa Negara. Berikut ini akan dijelaskan kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa Negara.

Sudah sepatutnya kita bangga menjadi warga negara Indonesia karena Indonesia memiliki bahasa nasional sendiri yaitu Bahasa Indonesia. Menurut Kuntarto (2007:2) penetapan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dilakukan sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Pada poin ketiga Sumpah Pemuda tersebut berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”

Berdasarkan poin ketiga Sumpah Pemuda tersebut, Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki 4 fungsi antara lain:

Lambang kebanggaan bangsa;

Lambang identitas bangsa;

Alat pemersatu;

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Ibu-ibu Dapatkan Bimtek Pemulasaran Jenazah

Jumat, 30 September 2022 | 18:53 WIB
X