• Senin, 3 Oktober 2022

Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Pelajar SMP

- Senin, 19 September 2022 | 12:18 WIB
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

Opini 


Oleh: Kiki SPd, Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Namang

Bahasa merupakan alat komunikasi antarindividu masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya. Adanya faktor-faktor sosial yang mengakibatkan timbulnya variasi-variasi bahasa.salah satu variasi Bahasa yaitu Bahasa slang (Bahasa gaul).

Bahasa gaul merupakan Bahasa yang digunakan oleh sekelompok remaja dalam situasi nonformal atau santai. Bahasa gaul muncul atau ada dari pergaulan di kalangan remaja dan beredar di sosial media dan bahasa ini biasanya ada dalam pergaulan di kalangan remaja.

Boleh disebut bahasa ini adalah bahasa musiman yang sewaktu-waktu akan hilang atau lenyap jika tidak terkenal lagi atau dilupakan di kalangan remaja.

Menurut Sarwono (2004), Bahasa Gaul adalah Bahasa Khas Remaja (kata-katanya diubah sedemikian rupa, sehingga hanya bisa dimengerti di antara mereka) bisa dipahami oleh hampir seluruh remaja di tanah air yang terjangkau oleh media massa, padahal istilah-istilah itu berkembang, berubah dan bertambah hampir setiap hari.

Baca Juga: ASN Adalah PNS dan PPPK, Pemerintah Buka Rekrutmen 530 Ribu ASN Tahun 2022

Menurut Mulyana (2008), Bahasa Gaul adalah sejumlah kata atau istilah yang mempunyai arti yang khusus, unik, menyimpang atau bahkan bertentangan dengan arti yang lazim ketika digunakan oleh orang-orang dari subkultur tertentu.

Contoh Bahasa gaul:

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Ibu-ibu Dapatkan Bimtek Pemulasaran Jenazah

Jumat, 30 September 2022 | 18:53 WIB
X