Tiga Hari Pawai HUT RI Di Bangka Selatan Hasilkan 3,5 Ton Sampah

- Kamis, 1 September 2022 | 19:35 WIB
Sampah yang dihasilkan selama tiga hari pawai baris berbaris di Kota Toboali. (Aston Wow)
Sampah yang dihasilkan selama tiga hari pawai baris berbaris di Kota Toboali. (Aston Wow)

BANGKA BELITUNG,ww.wowbabel.com -- Tiga hari pelaksanaan pawai baris berbaris dan pawai karnaval yang dilangsungkan 29 - 31 Agustus 2022 kemarin di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung dalam rangka Peringatan HUT Ke-77 RI, menghasilkan sampah sebanyak 3,5 Ton.


"Pada acara pawai dan karnaval selama tiga hari kemarin itu sampah yang berhasil kami angkut ada kurang lebih 3,5 ton," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda, Kamis 1 September 2022.


Jenis sampah yang dihasilkan pasca pawai HUT RI didominasi sampah botol minuman dan makanan kemasan. Sampah-sampah tersebut diangkut dari jalan yang dilalui peserta pawai dan lapangan bola merdeka sebagai lokasi start dan finish peserta pawai dan karnaval.

Baca Juga: Dua Lokasi Pembuatan Arak di Toboali Digerebek Polisi, Ribuan Liter Arak Diamankan

"Sampah langsung kita angkut ke TPA. Kemudian sampah-sampah itu di pilah pilah lagi oleh temen-temen sebagian sampah bisa dijual lagi dan sebagian dibuat biofilter," tutur Hefi.


Selama pelaksanaan pawai dan karnaval pihaknya menugaskan ratusan pasukan kuning atau petugas kebersihan. Petugas kebersihan langsung membersihkan sampah setia hari selama tiga hari.


"Ketika Pawai selesai petugas kami langsung membersihkan sampah-sampah, kami jadikan beberapa tim untuk bertugas membersihkan sampah di seluruh rute peserta pawai," terangnya.


"Saya secara pribadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada temen-temen karena telah bekerja dengan maksimal," tukasnya.(*)

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X